Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, April 22, 2009

Multi Niaga jajaki Rp200 miliar dari pasar modal

MAKASSAR: Kelompok usaha Multi Niaga yang bergerak di sektor pembiayaan mikro dan memiliki aset sekitar Rp150 miliar berencana masuk pasar modal tahun ini. Dalam kaitan itu, Multi Niaga tengah menimbang apakah menerbitkan obligasi atau melepas saham di Bursa Efek Indonesia. Kajian rencana masuk pasar modal ditangani Optima Securities.

Presiden Direktur Grup Multi Niaga Mubyl Handaling mengatakan dari dua opsi tadi, kemungkinan besar pihaknya akan memilih penerbitan obligasi sebab lebih sederhana. Dia menuturkan Multi Niaga mengincar dana Rp150 miliar-Rp200 miliar dari pasar modal. Seluruh dana yang diperoleh, kata dia, akan dipakai menambah kapasitas pembiayaan dan memperluas jaringan kantor.

Grup Multi Niaga telah membentuk holding PT Multi Niaga Nusantara Ventura untuk menaungi perusahaan pembiayaan mikro meliputi koperasi simpan pinjam (KSP), modal ventura, dan bank perkreditan rakyat.
Mubyl mengatakan pasar pembiayaan mikro sangat besar, namun sebagian pemainnya menghadapi kendala keterbatasan dana yang dapat disalurkan. Seluruh kredit Multi Niaga mengalir kepada debitur mikro dan kecil.

“Yang lebih mudah bagi kami obligasi. Kalau saham, jauh lebih rumit. Kami mau Rp150 miliar-Rp200 miliar,” kata Mubyl di Makassar, baru-baru ini. Dia mengemukakan proyeksinya Agustus atau September nanti obligasi Multi Niaga akan dilepas ke pasar. Meski demikian, belum dapat dipastikan berapa tingkat bunga maupun durasi obligasi.

“Masih mungkin juga kami masuk dengan menjual saham. Nanti kami lihat mana lebih baik,” kata Mubyl. Apabila opsi IPO saham yang dipilih, Multi Niaga bakal mencatat sejarah sebagai perusahaan pembiayaan mikro pertama yang melantai di BEI.

Kelompok usaha ini tercatat memiliki aset sekitar Rp150 miliar pada akhir 2008. Total kantor cabang pembiayaan KSP dan modal ventura Multi Niaga sebanyak 60 unit tersebar di 19 provinsi di Indonesia. Kantor cabang Multi Niaga a.l. di Makassar, Manado, Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Selain itu, Malang, Batam, Samarinda, dan Balikpapan.

Selama ini, Multi Niaga meraup modal kerja dari bank BUMN dan swasta nasional. Baru-baru ini, KSP Multi Niaga mengantongi komitmen pinjaman linkage program dari Bank BNI sebesar Rp22,5 miliar.