Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, April 21, 2009

Saham di Makassar diprediksi melonjak

MAKASSAR: Pemilu yang berjalan aman dan positifnya kinerja mayoritas emiten unggulan di Bursa Efek Indonesia diperkirakan mampu mengatrol nilai transaksi saham di Makassar bulan ini hingga dua kali lipat dibanding rerata beberapa bulan terakhir.

Kuasa Perwakilan BEI untuk Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Makassar Yessie Marisa mengatakan kondisi di kota itu kemungkinan besar bakal mengikuti tren secara nasional. Dalam sepekan lalu, transaksi saham melonjak menyamai rerata harian di tahun sebelumnya sekitar Rp4 triliun diduga karena investor mengapresiasi penyelenggaraan pemilu legislatif yang berlangsung aman terkendali.

Total pada lima hari perdagangan pekan lalu indeks harga saham gabungan (IHSG) naik sekitar 11%. Sebagian besar saham unggulan membukukan kenaikan berarti. Yessie memperkirakan transaksi saham harian di Makassar bulan ini akan mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan Maret yang tercatat sebesar Rp136,4 miliar.

“Mudah-mudahan bisa sampai dua kali lipat dari Maret karena sampai pertengahan bulan ini saja nilai transaksi sudah menyamai total bulan lalu,” kata Yessie, kemarin. Dia menuturkan investor termasuk di Makassar kembali bergairah untuk masuk ke pasar sebab ada harapan situasi terburuk sudah lewat.

Hal itu, katanya, diperkuat dengan keluarnya sejumlah berita positif mengenai perekonomian dan pasar keuangan di Amerika Serikat yang menjadi pusat gempa tsunami finansial dewasa ini. Kondisi serupa terjadi di Asia dan Eropa.

Kalau pun bukan berita per-tumbuhan, jelasnya, rilis angka indikator yang tidak seburuk perkiraan memberi insentif bagi pemodal mengejar saham unggulan.v“Tetapi kehati-hatian tetap diperlukan. Bagaimana pun dunia masih dalam kondisi krisis,” tukas Yessie.

Sekretaris PIPM Makassar Dian Trisuci mengemukakan transaksi saham Maret naik 3,7% dari Februari. Menurutnya, kenaikan tipis tersebut menggambarkan investor cenderung belum bernafsu masuk pasar.

Sebanyak empat perusahaan sekuritas melayani aktivitas perdagangan saham di ibu kota Sulsel, yakni PT Trimegah Sekuritas Tbk, PT Danareksa Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas, dan PT Bhakti Sekuritas. Sedangkan satu perusahaan sekuritas lain PT Sinar Mas Sekuritas hanya melayani penjualan reksadana.

Tahun lalu total perdagangan saham di Makassar mencapai Rp2,82 triliun, atau rata-rata Rp235 miliar sebulan. Transaksi pada 2008 turun tipis 0,5% dibanding tahun sebelumnya. PIPM mencatat total nilai transaksi saham sempat membukukan pertumbuhan antara 10%-20% selama paruh pertama sebelum perlahan tergerus hingga akhirnya tumbuh negatif.