Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, April 30, 2009

Kaltim cegah penularan flu babi

SAMARINDA:Meskipun flu babi belum masuk di Indonesia, Kaltim telah melakukan berbagai upaya pencegahan penularan virus yang mengakibatkan kematian itu. Upaya tersebut a.l. mengawasi lalu lintas hewan dan penumpang di bandara, pelabuhan, maupun jalan darat dengan melibatkan Balai Karantina Hewan.

“Bahkan saat ini kami menyiapkan peraturan gubernur terkait pengetatan peredaran hewan antarkabupaten/kota, terutama jenis babi untuk memperkecil kemungkinan penyebaran virus,” kata Asisten III Sekprov Kaltim, Irianto Lambrie, dalam rapat koordinasi penanggulangan flu burung, kemarin.

Dia menyebutkan kawasan yang mendapat perhatian, yakni Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, Bandara Juwata Tarakan, serta pelabuhan laut di Nunukan, Tarakan, Balikpapan, Samarinda, dan Bontang. Sejumlah petugas ditempatkan untuk memeriksa suhu tubuh penumpang. Bagi yang suhu tubuhnya capai 38 derajat celcius atau lebih, langsung dikarantina untuk ditelusuri dan mendapat perawatan.

Sementara itu, hewan berupa unggas dan babi diperiksa sesuai prosedur karantina hewan, sehingga kemungkinan penyebaran flu babi dan flu burung bisa diantisipasi. “Walaupun kita fokus melakukan pencegahan flu babi yang saat ini merebak di sejumlah negara, namun flu burung juga mendapat perhatian serius karena memiliki risiko yang tidak jauh berbeda,” kata Irianto Lambrie.
Populasi babi di provinsi tersebut mencapai 60.000 ekor.