Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, April 16, 2009

Eskalasi PLTU Punagaya sulit dipenuhi

MAKASSAR: Permintaan Grup Bosowa agar ada eskalasi harga beli listrik PLTU Punagaya 2x100 MW, Jeneponto, Sulsel, menjadi di atas 4 sen dolar per kwh sulit dipenuhi. General Manager PLN Sulselrabar Haryanto WS mengatakan selama ini belum ada preseden eskalasi ke atas harga beli listrik di Sulawesi.

Di samping itu, pihak Bosowa sama sekali belum membangun PLTU dimaksud sejak kontrak diteken April 2007. Atas dasar itu, Haryanto menilai agak aneh apabila Bosowa meminta eskalasi ketika pembangunan belum terealisasi. Selama ini, kata dia, eskalasi dilakukan saat pembangkit sudah beroperasi.

Meski demikian, Haryanto mengakui rerata harga beli listrik oleh PLN saat ini di atas 4 sen dolar per kwh. Adapun dalam perjanjian jual beli dengan Bosowa disepakati harga 3,7 sen dolar per kwh. “Saya pikir itu (eskalasi harga ke atas) akan sulit. Kita belum ada presedennya. Lagipula selama ini eskalasi malah menurun-kan harga beli karena nilai kontrak dulu itu besar-besar,” tukas Haryanto menjawab Bisnis, kemarin.

Seperti diberitakan sebelumnya, kelompok usaha Bosowa berharap PLN menaikkan harga beli listrik PLTU Punagaya yang kini masih dalam tahap pekerjaan sipil menjadi di atas 4 sen dolar per kwh. Managing Director Bosowa Corporation Sadikin Aksa mengemukakan nilai proyek menjadi kurang ekonomis apabila harga di bawah itu.

Sadikin menuturkan tersendatnya proyek hingga hampir dua tahun sejak diresmikan mulai pengerjaannya pada Agustus 2007 disebabkan Bosowa masih menunggu pencairan komitmen kredit dari bank di China serta menghendaki eskalasi harga. Meski demikian, dia menegaskan kelompok usaha yang didirikan Aksa Mahmud itu berkomitmen me-rampungkan proyek sambil menanti perkembangan termasuk krisis global. PLTU Punagaya merupakan inisiatif pembangunan pembangkit oleh swasta yang tidak masuk program 10.000 MW versi pemerintah. Bosowa menggandeng Chengda Engineering China selaku kontraktor.