Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, April 21, 2009

TPA Mamminasata telan Rp113 miliar

MAKASSAR: MAKASSAR: Pemerintah Sulsel akan membangun tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Kabupaten Takalar dalam rangka pengembangan wilayah ekonomi terpadu Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa, Takalar).Proyek tersebut memanfaatkan bantuan anggaran pemerintah pusat senilai Rp113 miliar.

Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang mengatakan TPA akan dibangun di atas lahan milik pemerintah provinsi, namun dia tidak menyebutkan berapa luas yang diproyeksikan menjadi lokasi. “Saat ini pemprov dan Pemkab Takalar terus berkoordinasi. Mudah-mudahan semua berjalan baik,” katanya, kemarin.

Menurut dia, proyek ini sebagai acuan dan percontohan pembangunan di Indonesia karena itu tidak menutup peluang ada kerja sama dengan swasta dalam pengembangan ke depan. Menurut dia, pembangunan TPA adalah langkah awal mengelola sampah dengan baik menuju kerja sama pembangunan kawasan terpadu Mamminasata yang telah dicanangkan pemprov Sulsel.

Selain TPA, dalam proyek Mamminasata juga akan dibangun infrastruktur jalan by pass, yang membentang dari Makassar ke Maros. Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Prasarana Sulsel Abdul Latif mengatakan pemprov tengah melakukan pembebasan lahan untuk jalan by pass.

Menurut dia, pembebasan lahan dan master plan jalan tersebut sudah kelar. Panjang jalan by pass sekitar 42 km pada tahap awal yang dibagi beberapa bagian, seperti ruas Jl.Hertasning, Daeng Sirua, dan Ring Road. “Tim sudah inventarisasi dan kami yakin masalah lahan tahun ini kelar,” kata Abdul Latif.