Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, April 15, 2009

Petronas jajaki investasi di Wakatobi

KENDARI: Perusahaan perminyakan Malaysia, Petronas, menjajaki investasi di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. BUMN negara tetangga itu berencana mengelola penjualan BBM jenis solar dan aftur. Ketua Kadin Wakatobi Halimuddin Adam mengemukakan pihak Petronas telah melakukan pertemuan dengan Pemda Wakatobi terkait rencana investasi tersebut.

Dia mengatakan investasi ini terkait dengan rencana pembangunan penampungan khusus BBM di perairan Wakatobi. ”BBM tersebut ditampung di bungker terapung di atas laut, tepatnya di wilayah perairan Pulau Wanci,” jelas Halimuddin, kemarin. Dia mengungkapkan Petronas juga menggandeng perusahaan lokal yang ada di Wakatobi sebagai mitranya. Dia yakin Petronas telah mempersiapkan secara serius investasi di wilayah paling selatan Sultra tersebut.

Halimuddin menguraikan investasi di sektor BBM terutama solar, sangat strategis di wilayah perairan seperti Wakatobi. Pasalnya, alat transportasi laut baik angkutan penumpang maupun nelayan memegang peranan penting. Selama ini, pasokan BBM untuk Wakatobi hanya disuplai dari Kota Baubau. Dengan adanya perusahaan minyak yang mampu memberikan pelayanan lebih dekat, diharapkan percepatan pembangunan di Wakatobi dapat dipacu.

Langkah Petronas membuka layanan penjualan BBM di Wakatobi ini merupakan wujud kerja sama Pertamina dan Petronas melalui LOBP (Lubricant Oil Blending Plant) pada Agustus 2006, termasuk kerja sama saling memasok BBM jenis premium beroktan tinggi.

Pada 2007 lalu, Petronas mencatat keuntungan Rp198,3 triliun. Sebanyak Rp135,9 triliun atau 66,2% dikembalikan kepada pemerintah Malaysia.
Sisanya, digunakan Petronas untuk investasi ulang seperti sektor hilir dan juga di tingkat internasional. Penjajakan investasi Petronas di Wakatobi ini dilakukan setelah perusahaan itu sukses membangun 20 SPBU di Surabaya, Jawa Timur, pada 2008. Surabaya merupakan kota ketiga dalam ekspansi bisnis ritel BBM Petronas di Indonesia.


Petronas telah membangun 6 SPBU di Jakarta, menyusul empat SPBU lain yang sedang dalam proses pembangunan. Setelah Jakarta, Petronas membangun 4 SPBU di Medan, Sumut.