Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, April 08, 2009

Citilink prioritas rute baru Sulawesi

MAKASSAR: Maskapai Citilink, unit bisnis PT Garuda Indonesia, memprioritaskan pembukaan rute ke sejumlah kota di Pulau Sulawesi tahun ini. Jalur baru ke kota lain di kawasan timur Indonesia tetap akan diupayakan sambil melihat perkembangan situasi pasar khususnya dunia penerbangan komersial di Tanah Air. Vice President Strategy Business Unit Citilink Garuda Indonesia Joseph Saul mengatakan rute di Sulawesi yang prospektif, a.l. Makassar-Manado, Makassar-Palu, Makassar-Kendari, dan Makassar-Gorontalo.

“Beberapa rute di Sulawesi dari Makassar itu yang tampaknya bisa kami terbangi tahun ini setelah ada penambahan pesawat,” katanya kepada Bisnis, awal pekan ini. Joseph mengatakan setelah Sulawesi, pihaknya berencana melayani jalur Makassar-Sorong dan Makassar-Ambon. Sedangkan Makassar-Balikpapan masih sulit diwujudkan dalam waktu dekat.

Citilink, jelas Joseph, tetap bersinergi dengan Garuda dalam memutuskan pembukaan rute. Menurutnya, maskapai yang mengincar segmen budgeting ini akan memasuki jalur yang tidak dilayani Garuda. Citilink akan menerima bantuan lima unit pesawat Boeing 737-300 tahun ini, menyusul pemisahan atau spin-off dari PT Garuda Indonesia.

Pemberian pesawat itu merupakan bagian penyertaan modal Garuda di tubuh unit bisnisnya tersebut. Total pesawat Citilink tahun ini ditargetkan 10 unit, termasuk 5 pesawat sewa. Saat ini Citilink memiliki tiga unit, masing-masing dua Boeing 737 seri 300 dan satu jenis 737-400. Citilink menjajaki penambahan dua pesawat sewa dalam waktu dekat. Spin off diharapkan segera efektif sebelum Juni 2009. Citi-link akan mengarungi perjalanan sebagai anak usaha mandiri dengan total modal awal sekitar Rp300 miliar meliputi modal disetor Garuda Rp75 miliar.

Pada 1 September lalu, Citilink kembali terbang setelah sempat menghentikan operasi per 15 Januari 2008. Unit usaha strategis Garuda ini melayani 16 rute domestik dari Surabaya dengan dua pesawat Boeing 737 seri 300 dan 400. Rute penerbangan Citilink saat ini Surabaya-Jakarta, Surabaya-Makassar, Surabaya-Balikpapan, Surabaya-Banjarmasin, SurabayaBatam, Surabaya-Kupang, dan Surabaya- Ampenan.Pada 2008, Citilink mengangkut sekitar 154.000 penumpang dan menargetkan dapat membawa hingga 2 juta orang tahun ini.

Makassar-Surabaya

Joseph mengatakan mulai awal pekan ini, pihaknya resmi menerbangi Makassar-Surabaya dua kali sehari. Dari Makassar, pesawat berangkat pagi, sedangkan dari Surabaya sore hari. Dia mengemukakan penambahan rute tersebut seiring meningkatnya permintaan pasar. Rute Makassar-Surabaya merupakan salah satu jalur gemuk bagi Citilink.

“Mulai hari Minggu, 5 April, frekuensi penerbangan Surabaya-Makassar kami tambah menjadi dua kali sehari. Mudah-mudahan ini bisa memenuhi permintaan konsumen kami yang mementingkan low budget,” paparnya. Citilink, kata Joseph, menawarkan tiket promosi untuk pemesanan tiket jauh hari sebelumnya seharga mulai Rp99.000 sekali terbang.

Dia optimistis kebijakan tersebut bakal mendapat sambutan positif dari calon penumpang. Pasalnya, kata dia, Citilink punya keunggulan ikatan dengan Garuda yang selama ini dikenal sangat aman dan mengutama-kan pelayanan. Para pilot Citilink, tuturnya, mendapat pelatihan terbang sama dengan pilot Garuda. Hampir semua pilot Citilink saat ini merupakan pilot Garuda.

“Aspek pelayanan memang lebih berkurang dibanding Garuda karena kami main di segmen budgeting, tetapi unsur keamanan tetap memakai standar Garuda. Ini kelebihan kami,” tuturnya.