Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Desember 03, 2008

Bandara diusulkan jadi penampung air

Laporan Eko Susanto

SAMARINDA: Akibat banjir di Samarinda dua minggu terakhir, ribuan rumah tenggelam. Untuk mengatasi genangan, warga setempat mengusulkan lokasi Bandara Temindung Samarinda dialihfungsikan menjadi lokasi penampungan air.

Warga di sekitar Bandara Temindung ketika banjir melanda beberapa waktu lalu, terpaksa menjebol tembok pembantas bandara untuk mengurangi ketinggian air. “Berdasarkan pengalaman tersebut, kami minta Pemkot Samarinda merencanakan pembangunan kolam penampung air di lahan Bandara Temindung, apabila nantinya Bandara Samarinda Baru selesai dibangun,” kata Ardinsyah, warga Samarinda yang tinggal di Jl Gatot Subroto.

Mendengar usulan warga, Kepala Bappeda Kaltim, Sulaiman Gafur tidak menolak. Namun menurut dia, perlu pengkajian mendalam untuk memastikan apakah upaya tersebut memang dapat mengatasi masalah banjir di kawasan itu.

Menurut dia, membangun kolam penampungan membutuhkan dana yang besar sehingga harus dikaji betul kegunaannya agar tidak salah bangun yang dampaknya bisa lebih buruk dari rencana semula.

Selain itu pembangunan kolam penampung air juga harus mengacu pada rencana tata ruang Kota Samarinda terhadap lahan bandara, sehingga ke depan secara administratif tidak menyalahi aturan.

Diakuinya, jika kajian dan berbagai aturan memungkinkan dibangun kolam penampungan akan menghemat biaya karena lahan tersebut memang milik pemerintah sehingga tidak perlu ada ganti rugi.