Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Desember 04, 2008

Kapasitas listrik Sulselbar memadai

Laporan Kwan Men Yon

MAKASSAR: PT PLN (Persero) menegaskan daya mampu listrik Sulselbar dalam kondisi memadai seiring berlimpahnya pasok air untuk PLTA Bakaru 126 MW dan pasokan baru dari PLTG Sengkang 60 MW pada akhir November.

General Manager PLN Sulselrabar Arifuddin Nurdin mengatakan untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir daya mampu listrik di wilayah itu sanggup mengimbangi beban puncak yang kini berkisar 480 MW – 500 MW.

Beban puncak Sulselbar pernah menembus 528 MW saat bulan puasa tahun ini sehingga PLN terpaksa memadamkan listrik secara bergilir selama hampir sebulan penuh.

“Sekarang daya mampu Sulselbar 500 MW atau kira-kira sama dengan beban puncak beberapa minggu terakhir. Mudah-mudahan kondisi ini bisa bertahan sampai kami mendapat pasokan baru tahun depan,” katanya kepada Bisnis, kemarin.

Arifuddin menyebut tahun depan PLN berharap menerima listrik baru dari peremajaan beberapa pembangkit di Sektor Tello serta tambahan produksi listrik gas dari PT Energy Sengkang juga sebesar 60 MW.

Apabila beban puncak tidak bertambah, kata Arifuddin, PLN menjamin tidak akan ada lagi pemadaman bergilir dalam kondisi semua pembangkit beroperasi normal.

Sebelum masuknya listrik PLTG Sengkang 60 MW, sistem kelistrikan Sulselbar ditopang oleh lima pembangkit utama yakni PLTA Bakaru 126 MW, PLTD Suppa 65 MW, PLTU Tello 147 MW, PLTA Bili-bili 20 MW, dan PLTG Sengkang 135 MW.

Produksi listrik sebagian pembangkit tidak lagi optimal, a.l. karena infrastruktur yang semakin menua.