Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Desember 05, 2008

Kesulitan pupuk picu NTP Sulsel

Laporan Afrina

MAKASSAR:Masalah kesulitan petani memperoleh pupuk berdampak pada menurunnya nilai tukar petani (NTP) Sulsel. Berdasarkan data pada Oktober 2008 NTP Sulsel mengalami penurunan sebesar 1,14% dibandingkan dengan NTP bulan sebelumnya.

Kepala Bidang Distribusi dan Statisitik Badan Pusat Statistik (BPS) Propinsi Sulsel, Anwar Harris, mengatakan penurunan itu dipengaruhi oleh adanya kenaikan indeks harga hasil produksi di sektor pertanian dengan indeks kenaikan harga barang dan jasa yang telah dikonsumsi petani pada bulan-bulan tersebut.

Kelangkaan dan tingginya harga pupuk di pasaran, menurut dia, telah menyebabkan petani kesulitan melakukan peningkatan produksi. Akibatnya, pendapatan petani tidak sesuai dengan beban biaya produksi.

Selain itu, beban akomodasi transportasi pengangkutan hasil produksi petani juga diakui cukup membebani selama Oktober lalu. Penurunan itu paling terasa di kalangan petani yang bergerak di sektor holtikultura dan tanaman perkebunan rakyat.

Indeks harga yang diterima petani di sektor holtikultura minus 4,24%, sementara indeks harga yang diterima melalui perkebunan rakyat minus 3,93%.