Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Desember 09, 2008

Pasokan gas PLTG Tanjung Batu minim

BALIKPAPAN: Pemadaman listrik masih rutin terjadi di tiga kota dalam jaringan sistem Mahakam yakni Balikpapan, Samarinda, dan Kutai Kartanegara. PLN Kalimantan Timur beralasan pemadaman tersebut juga disebabkan salah satu turbin PLTG di Tanjung Batu Kukar mengalami kekurangan pasokan gas.

PLTG Tanjung Batu berkapasitas 3x20 MW. Operasinya memerlukan gas setidaknya 12,5 mmscfd agar optimal. PLN menjalin kerja sama dengan PT Medco untuk memasok gas namun pasokan gas hanya 8 mmscfd. Itu berarti listrik yang bias dihasilkan PLTG hanya sebesar 55 MW. “Kami cuma bisa memasok dua per tiga dari total daya yang seharusnya dari pembangkit itu. Saya tidak tahu kenapa kontrak dengan penyuplai cuma 8 mmscfd.

Soal ini tanya regulator,” tutur Humas PLN Kaltim Mac Paul Politton, pekan lalu. Mac mengatakan system Mahakam memiliki lima pembangkit utama masing-masing memerlukan bahan bakar sendiri. Selain PLTG, ada empat PLTD berbahan solar dengan kapasitas total 70 MW. PLTD itu di Balikpapan dan Samarinda.