Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Desember 05, 2008

Eksplorasi dua blok migas selesai Desember

Laporan Afrina

MAKASSAR: Kepala Dinas Pertambangan Sulawesi Selatan, Sampara Salman menyebutkan pelaksanaan eksplorasi dua blok minyak gas (migas) di Sulsel akan selesai akhir Desember 2008.

Kedua blok migas yang sedang dalam tahap eksplorasi itu adalah Blok Sigeri dan Blok Teluk Bone Utara. “Kedua blok itu diperkirakan selesai tahap eksplorasi seismik pada akhir Desember tahun ini,” kata Sampara pada Bisnis, kemarin.

Menurut Sampara, pengerjaan Blok Sigeri akan dilakukan PT Talisman (South Makassar) Ltd asal Kanada. Untuk pengerjaan tahap awal, PT Talisman akan melakukan ekplorasi seismik dikedalaman 2 kilometer (km) dari permukaan laut. Selain itu, pengeboran juga akan dilakukan hingga kedalaman 3 kilometer.

“Total kedalaman eksplorasi tersebut akan mencapai 5 kilometer dengan rencana investasi PT Talisman mencapai US$70 juta,” jelas Sampara.

Sampara menambahkan, PT Talisman Energy Inc adalah perusahaan industri hulu minyak dan gas independen dari Calgary Albarta, Kanada. Perusahaan tersebut berdiri sejak 1992 dan berkegiatan di Indonesia sejak 1994.

Talisman telah mengekplorasi dan mengekploitasi blok minyak di Papua dan Nanggroe Aceh Darussalam. Perusahaan ini telah berinvestasi hingga US$1,4 miliar. Dari jumlah itu, Talisman Energy telah berkontribusi ke pemerintah RI sebesar US$900 juta.

“Kita berharap proses seismik blok migas sigeri menunjukkan adanya cadangan minyak yang bisa diekploitasi,” ujar Sampara. Sedangkan untuk blok Teluk Bone Utara juga telah dilakukan eksplorasi oleh pihak investor.

Berdasarkan catatan Bisnis mencatat Sulsel memiliki sekurangnya empat blok migas yang sudah diteken pada 2006-2007 dan siap dieksplorasi. Semua hak pengeboran blok tersebut diberikan kepada perusahaan migas internasional.

Blok migas di wilayah Sulsel itu adalah Blok Karana, Blok Sebuku, Blok Segeri, dan Blok Enrekang. Sebelumnya, ada dua blok migas di provinsi ini yang sudah beroperasi yakni Blok Sengkang dan Blok Bone.