Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Desember 09, 2008

Penumpang angkutan laut & udara melonjak

Laporan Kwan Men Yon

MAKASSAR: Jumlah penumpang angkutan laut dan udara di Makassar meningkat pesat selama Oktober 2008 seiring musim mudik dan arus balik Lebaran yang berlangsung pada minggu pertama hingga ketiga bulan tersebut. Kabid Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel Anwar Haris mengatakan total penumpang angkutan laut di Pelabuhan Makassar Oktober mencapai 71.034 orang atau naik 37,3% dibanding September.

“Peningkatan juga terjadi pada barang yang diangkut yang meningkat 35,4% dari 67.988 ton menjadi 92.055 ton. Bisa dikatakan operator kapal panen besar selama Oktober,” katanya, pekan lalu. Namun, tutur Anwar, meskipun melonjak jumlah maupun pertumbuhan angkutan laut sejauh ini belum dapat mengimbangi angkutan udara yang makin diminati karena harga tiket yang cenderung kian murah.

Selama Oktober, BPS mencatat total pengguna angkutan udara domestik di Bandara Hasanuddin sebanyak 144.726 orang. Angka itu melesat 43,7% disbanding bulan sebelumnya. Total penumpang juga lebih tinggi dari Oktober 2007 yang mencapai 143.288 orang. Berdasarkan data BPS, jumlah penumpang angkutan laut maupun darat di Makassar cenderung terus meningkat.