Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Desember 10, 2008

Sriwijaya Air rute Kendari tambah seat

Laporan Syahrir

KENDARI: Maskapai Sriwijaya Air menambah jumlah seat (kursi) rute Kendari, Sulawesi Tenggara. Demikian diungkapkan Distrik Manager Sriwijaya Air Kendari Tri Handoko, pekan lalu. Menurut Tri, penambahan jumlah seat disebabkan lonjakan penumpang sejak November lalu.

Tri mengatakan, momen hari raya seperti Idul Adha dan perayaan Natal serta liburan akhir tahun bagi anak sekolah menjadi pemicu lonjakan penumpang pesawat sehingga sejak November hingga Desember ini menjadi peak season bagi angkutan udara.

Jumlah penumpang Sriwijaya Air baik dari maupun menuju Kendari mencapai 100 persen. Kursi yang tersedia sebanyak 125 buah selalu penuh, sehingga manajemen Sriwijaya Air memutuskan untuk menambah seat dengan konsekuensi mengganti armada yang selama ini melayani rute ke Kendari.

Sriwijaya akan mengganti jenis armada pesawatnya dengan Boeing 747-300 yang sebelumnya Boeing 747-200. Dengan demikian jumlah kursi yang awalnya hanya 125 menjadi 144 buah.

Kendati demikian, Tri mengatakan, tetap akan menyediakan seat murah bagi para pelanggan. Menurutnya, meskipun harga tiket saat ini melonjak akibat tingginya permintaan, namun Sriwijaya tetap mangalokasikan tiket murah bagi masyarakat.

Sriwijaya Air saat ini memiliki 11 armada yang melayani sejumlah rute di tanah air. Tujuh di antaranya merupakan pesawat jenis Boeing 737-400 dan empat lainnya Boeing 737-300. Rencananya, 2009 mendatang akan menambah tiga armada lagi.

Saat ini Sriwijaya Air melayani penerbangan Kendari ke tujuh kota lainnya di tanah air, di antaranya Makassar, Surabaya, Jakarta, Semarang, Ambon, Palu, dan Balikpapan. Satu-satunya penerbangan langsung dari Kendari adalah ke Makassar.

Rute Kendari bukan merupakan kategori gemuk bagi perusahaan penerbangan. Selain Sriwijaya, hanya ada tiga maskapai lain yang berebut pasar di daerah ini yakni Merpati Nusantara Airlines, Lion Air, dan Batavia Airlines.

Kendati demikian, sejumlah daerah seperti Kota Baubau dengan Bandara Betoambari dan Kabupaten Wakatobi dengan Bandara Mata Hora yang sedang dalam penyelesaian menjadi pangsa pasar yang baru.