Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Desember 11, 2008

Transaksi saham di Makassar terus terkoreksi

Laporan Kwan Men Yon

MAKASSAR: Nilai transaksi saham di Makassar ikut terkoreksi besar-besaran seiring loyonya aktivitas di lantai bursa domestik belakangan ini. Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) mencatat total perdagangan saham pada Oktober dan November masing-masing hanya sebesar Rp113,9 miliar dan Rp112,01 miliar. Jumlah tersebut tercatat merosot sekitar 60% dari rerata sembilan bulan sebelumnya yang mencapai Rp277,8 miliar. Sejauh ini total transaksi saham di kota itu sebanyak Rp2,72 triliun atau belum menyentuh posisi tahun lalu Rp2,84 triliun.

Pelaku pasar modal di Makassar harus membukukan sekurangnya transaksi Rp120 miliar pada Desember agar menyamai kinerja 2007 itu. Kelesuan di lantai bursa tampaknya akan membuat target Rp3 triliun tahun ini agak sulit diraih. Kuasa Perwakilan Bursa Efek Indonesia untuk PIPM Makassar Yessie Marisa mengatakan penurunan transaksi terjadi secara nasional bahkan di level global. Nilai perdagangan saham reguler harian di BEI yang tahun lalu berkisar Rp3 triliun – Rp5 triliun, dalam beberapa bulan terakhir longsor hingga hanya Rp1 triliun – Rp2 triliun, bahkan tak jarang di bawah Rp1 triliun per hari. “Transaksi sempat sangat baik pada bulan-bulan pertama tahun ini namun sekarang sudah turun. Investor kelihatannya menahan diri dari bursa karena khawatir dengan volatilitas yang sangat tinggi,” kata Yessie kepada Bisnis, baru-baru ini.

Seperti disampaikan di atas, transaksi saham di Makassar tahun ini telah mencapai sekitar Rp2,72 triliun. Transaksi bulanan tertinggi berlangsung pada Mei yaitu Rp395,19 miliar. Jumlah tersebut sekaligus merupakan angka transaksi bulanan terbesar selama ini, melampaui catatan sebelumnya Rp348,56 miliar pada November 2007. Tahun lalu, rerata nilai transaksi per bulan mencapai Rp236,6 miliar dengan total perdagangan tahunan Rp2,84 triliun. Jumlah itu meroket 440% dibanding 2006 Rp644,3 miliar.