Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Desember 18, 2008

Tarif angkutan Sulsel bisa turun hingga 10%

Laporan Afrina

MAKASSAR: Sekretaris Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Sulsel Lambang Basri Said mengatakan hasil perhitungan MTI menunjukkan tarif angkutan darat di provinsi itu dapat diturunkan hingga 10%.

Angka tersebut, kata Lambang, telah mempertimbangkan kemampuan ma syarakat dan besaran penurunan harga BBM. “Penurunan tarif antara 5%-10% tidak akan merugi kan pengusaha angkutan,” ungkap Lambang kepada Bisnis, kemarin.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Andi Sulham Hasan mengatakan pihaknya berencana bertemu Organda, MTI, dan pelaku usaha lainnya hari ini (18 Desember) untuk membicarakan penurunan tarif.

Sulham mengatakan, penurunan tarif yang direncanakan Dishub sekitar 8-10%. “Langkah ini berdasarkan harga bensin yang turun menjadi Rp 5.000 per liter dan solar menjadi Rp 4.800.”

Usulan tarif angkutan versi Dishub Sulsel adalah untuk tarif bus angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP). Penurunan tarif juga disiapkan Dinas Perhubungan Makassar.

Kepala Dinas Perhubungan Mukhtar Kasim menjelaskan rencana besaran penurunan tarif sekitar 16,6% sesuai turunnya harga BBM premium dan solar.