Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Desember 05, 2008

Bukaka Enginering diminta percepat PLTA

Laporan M Noor Korompot & Subarkah

PALU: PT Bukaka Enginering, anak usaha Kalla Goup, diminta mempercepat penyelesaian pembangunan PLTA Sulewana dan PLTA Gumbasa guna mengatasi krisis energi listrik berkepanjangan di Provinsi Sulawesi Tengah.

"Pembangunan kedua PLTA itu harus dipercepat, sebab sudah sangat menganggu masuknya arus investasi di daerah kami," kata Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BPMD) Sulteng, M Hadjir Hadde di Palu, kemarin.

Menurut dia, sejak awal tahun 2007 puluhan calon investor dari dalam dan luar negeri sudah menawarkan diri mengembangkan berbagai jenis usaha di Sulteng, namun keinginan mereka ini terpaksa ditunda karena masih menunggu tersedianya energi listrik yang memadai.

Bahkan rencana investasi PMDN dan PMA serta investasi secara langsung oleh beberapa calon investor itu dalam jumlah besar, sebab nilainya mencapai ratusan miliar hingga triliunan rupiah dari masing-masing perusahaan.

Rencana investasi besar itu umumnya bergerak di sektor pertambangan disertai pengolahan hasil tambang, industri pengolahan hasil perkebunan dan pertanian, serta industri pengolahan hasil laut.

PLTA Sulewana di Poso yang sedang dibangun Grup PT Bukaka memiliki potensi energi listrik 670 megawatt (MW). Proyek ini berdasarkan informasi akan dioperasikan pada akhir tahun 2009 atau paling lambat awal tahun 2010.

Sedangkan PLTA Gumbasa di Donggala, akan dibangun oleh PT Gumbasa Energi ini dengan kapasitas 2 x 20 MW.

“Pembangunan PLTA tersebut saat ini sudah dalam tahap studi analisa dampak lingkungan (Amdal) dan diharapkan tahun ini proyek fisiknya bisa segera dilaksanakan,” kata Irsal, salah satu eksekutif Bukaka Grup kepada Bisnis, belum lama ini.