Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Desember 26, 2008

Panin Bank melepas potensi kredit Rp780 miliar akibat krisis global

Laporan Arfandi

MAKASSAR: Bank Panin Tbk Makassar mengakui batal merealisasikan kredit sekitar Rp780 miliar disebabkan keputusan manajemen untuk lebih selektif menyalurkan pembiayaan akibat krisis finansial global medio. Menurut Branch Manager Panin Makassar Onny Tenri Gappa, intermediasi kredit perbankannya di masa normal mencapai Rp100 miliar sebulan, namun setelah krisis keuangan dunia terjadi pihaknya hanya mengucurkan Rp35 miliar per bulan. Dia mengemukakan kebijakan tersebut sudah ditempuh sejak Juli 2008 atau sekitar enam bulan.

Panin Makassar lebih memilih menahan laju kredit sekitar Rp65 miliar sebulan tersebut bersamaan dengan merebaknya kasus subprime morgate di Amerika Serikat. “Panin tahan dulu kreditnya dan tidak jor-joran selama krisis ekonomi global. Kredit baru yang Panin salurkan berasal dari dana kredit terkumpul. Dana masuk sekitar Rp35 miliar sebulan, jadi kami salurkan Rp35 miliar,” katanya kepada Bisnis, belum lama ini. Onny belum bisa memastikan sampai kapan Panin akan mengerem laju kredit sebab sangat bergantung pada tren ekonomi global dan nasional.

Dia mengatakan grafik pertumbuhan kredit Panin pada 2009 akan sangat mempertimbangkan likuiditas perbankan, risiko intermediasi, tingkat suku bunga, serta perkembangan perekonomian regional. Meski demikian, Onny berjanji Panin akan kembali menggenjot penyaluran kredit bila stabilitas ekonomi membaik di tahun 2009. “Kami akan berusaha untuk menyalurkan kredit kami untuk mengembangkan sector riil,” katanya.