Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Desember 03, 2008

Wisman ke Sulsel meningkat 33,5%

Laporan Kwan Men Yon

MAKASSAR: Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulsel melalui pintu masuk Makassar selama Januari-Oktober 2008 telah mencapai 3.836 orang atau naik 33,5% dibanding periode sama tahun lalu.

Kepala Bidang Distribusi BPS Sulsel Anwar Haris mengatakan total wisman pada Oktober sebesar 771 orang. Angka ini naik tipis 3% dibanding September namun melonjak hampir sembilan kali lipat dari bulan sama 2007 hanya 88 orang.

“Perkembangan ini patut disambut baik sebab terjadi di tengah perkiraan penurunan kunjungan wisman akibat krisis global,” katanya, kemarin.

Anwar menjelaskan Sulsel adalah salah satu kota tujuan wisata di Sulawesi karena memiliki beberapa objek andalan seperti Toraja. Pemprov setempat telah mencanangkan sejumlah program untuk membangkitkan kembali kejayaan objek wisata yang sempat mati suri.

Pada Desember ini, misalnya, pemerintah menggelar momen Lovely December di Toraja dengan menawarkan diskon 50% untuk semua biaya mulai dari transportasi ke kabupaten itu sampai akomodasi.