Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Desember 04, 2008

Promosi telepon selular timbulkan deflasi

Laporan Afrina

MAKASSAR: Sebanyak enam provider telekomunikasi di Makassar bersaing ketat menggarap pelanggan. Bahkan dalam dua bulan terakhir, semua operator selular gencar mengadakan promosi guna meningkatkan penjualan produknya.

Kondisi tersebut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Makassar yang mengakibatkan terjadinya deflasi. Data Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan menyebutkan, deflasi yang terjadi di Makassar pada November 2008 salah satunya dipengaruhi oleh kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar -0,05%.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sulsel, Anwar Haris, mengatakan deflasi di kota Makassar terjadi karena turunnya harga yang ditunjukkan oleh turunnya indeks pada kelompok-kelompok barang dan jasa. “Kota Makassar pada bulan November 2008 mengalami deflasi sebesar -0,13% dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 113,20,” ungkap Anwar.

Tapi, secara terpisah, Executive General Manager (EGM) PT Telkom Divre VII, Elvizar, mengatakan sampai saat ini sektor telekomunikasi belum mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Makassar.

Hal senada juga dikemukakan Communication Division Manager Divre VII, Hartati. Menurutnya, PT Telkom saat ini dinilai lebih gencar melakukan promosi untuk menggenjot penjualan, karena diyakini dapat memacu kenaikan trafik voice maupun produksi. “Belakangan ini, Telkom Divre VII lebih gencar melakukan promosi yang berpengaruh terhadap kenaikan trafik,” ungkap Hartati.