Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Desember 04, 2008

Gubernur: UMP 2009 tidak diubah

Laporan Kwan Men Yon

MAKASSAR: Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengisyaratkan pihaknya tidak akan mengubah penetapan upah minimum provinsi (UMP) 2009 sebesar Rp905.000 atau naik 22,3% dibanding tahun ini meskipun mendapat desakan kuat dari kalangan pengusaha.

Menurut Gubernur, dirinya kali ini akan berpihak kepada pekerja yang dinilai makin lemah daya belinya akibat penurunan pendapatan riil. Harga barang dan jasa yang dikonsumsi semakin mahal namun pendapatan belum meningkat secara signifikan.

Gubernur mengatakan memahami keberatan pengusaha mengenai kenaikan UMP. Namun, dengan tegas dia meminta para pengusaha bertahan setidaknya sampai setahun ke depan, yakni selama dampak krisis ekonomi global diperkirakan sangat parah.

Syahrul memertahankan pandangannya bahwa kenaikan UMP hingga 22,3% atau yang sejauh ini tertinggi se-Indonesia diperlukan untuk membantu mengangkat daya beli masyarakat secara keseluruhan.

“Saya berpihak kepada kaum buruh agar mereka bisa hidup lebih sejahtera. Kami prihatin mendengar situasi sulit dunia usaha tetapi saya juga yakin mereka (pengusaha) masih bisa bertahan satu tahun ke depan,” katanya di Makassar, kemarin.

Gubernur menyinggung mengenai UMP saat berbicara dalam rapat koordinasi regional Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) untuk Wilayah Timur Dalam kesempatan itu, secara panjang lebar Gubernur mengungkapkan komitmen pemda untuk menjaga daya beli masyarakat agar tidak terus turun di tengah prospek pelambatan ekonomi dan penurunan harga komoditas pertanian yang selama ini menjadi andalan penerimaan sebagian besar warga.