Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Desember 17, 2008

Hiswana Migas dibayangi kerugian

BALIKPAPAN: Kerugian membayangi para pengusaha yang tergabung dalam Hiswana Migas Kalimantan Timur pasca penurunan harga premium dan solar. “Kalau besaran marginnya sesuai penurunan maka kami bisa terhindar dari kerugian. Sedangkan sekarang, kami belum menerima pemberitahuan penambahan margin itu,” tutur Sekretaris Hiswana Migas Kaltim Fauzy Ascendhata, kemarin.

Bila tak ada penambahan margin, tutur Fauzy, pemilik SPBU dipastikan merugi. Kebiasaan selama ini, pemilik SPBU membayar di muka atau sebelum seluruh BBM dikirim. Dia memerkirakan satu SPBU berpotensi merugi Rp7,5 juta untuk premium dan Rp10,5 juta pada solar per tiga hari apabila tak ada penambahan margin.

Menurut Fauzy, Pertamina perlu menetapkan penambahan margin yang realistis. Kisaran margin tambahan diharapkan Rp400- Rp500 per liter. "Seharusnya kami sudah tahu margintambahan beberapa hari lalu,” tuturnya. Dia berharap Pertamina memberi tambahan margin yang lebih tinggi dari ketika penurunan BBM 1 Desember lalu. Saat itu Pertamina memberi tambahan margin Rp80 per liter.