Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Desember 05, 2008

Konjen Jepang di Makassar ditutup

Laporan Ica Sitti

MAKASSAR: Kantor Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Makassar akan ditutup mulai Januari 2009. Sebagai gantinya Pemerintah Jepang membuka Kantor Cabang Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan itu.

Saat bertandang ke rumah jabatan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar kemarin, Konjen Jepang di Makassar Akira Goto mengaku cukup kaget dankurang sepakat dengan kebijakan baru pemerintahnya tersebut.
Pada pertemuan itu, Akira menyatakan bersedih dengan akan ditutupnya Konjen Jepang di Makassar. Namun kata dia, kekecewaan itu terobati karena pemerintah Jepang akan membuka kantor cabang Kedutaan Besar (kedubes) di daerah ini sebagai pengganti Konsulat.

“Kami menyesalkan membawa berita kurang bagus ini. Padahal sudah 31 tahun Konjen Jepang ada di Makassar. Kami pun tidak tahu apa alasan pimpinan kami menutup kantor konjen itu,“ tutur Akira.

Akira menambahkan, dengan penggantian status menjadi kantor cabang dubes di Makassar, maka tugas konjen akan diintegrasikan dengan tugas dan fungsinyalangsung dalam kendali duta besar Jepang di Indonesia.

Akira Goto menyampaikan salam dari Kaisar Jepang kepada Gubernur Syahrul sekaligus mengundangnya untuk bersama-sama meyarakan hari ulang tahun Kaisar di salah satu hotel di Makassar, dalam waktu dekat ini.

Gubernur Syahrul menyatakan akan mengajukan komplain ke Menteri Luar Negeri terkait rencana penutupan kantor konjen itu. Pasalnya menurut dia, keberadaan sebuah Konjen di suatu daerah merupakan salah satu penanda tingginya tingkat perkembangan daerah itu.