Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Desember 24, 2008

Pelanggan selular di KTI meroket

Laporan Kwan Men Yon

MAKASSAR: Tiga operator selular nasional, PT Telkomsel, PT Indosat Tbk., dan PT Telkom Tbk. berhasil meningkatkan jumlah pelanggan hingga dua kali lipat dari target perseroan di wilayah timur Indonesia pada 2008.

Telkomsel, anak perusahaan Telkom, melaporkan sanggup meraih 3,7 juta pelanggan baru di Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan) dari target 2,5 juta. Saat ini pengguna Telkomsel di wilayah itu sekitar 13,7 juta.

“Kami optimistis bisa (mencapai) 14 juta pelanggan di Pamasuka hingga akhir tahun,”

kata Vice President Telkomsel Pamasuka Gideon Edhi Purnomo dalam press gathering di Bali, pekan lalu. Dia mengatakan kinerja positif tersebut menunjukkan kepercayaan masyarakat kepada operator selular yang mengelola tiga produk yakni Simpati, Kartu As, dan Halo itu.

Head of Sulampapua Region Indosat Fadjar Oetomo menjelaskan jumlah pelanggan perseroan di KTI telah mencapai 1,2 juta. Tahun ini pihaknya menyasar peningkatan pelanggan sebesar 300.000 namun telah tercapai dua kali lipat.

"Kami mencapai 200% dari target pelanggan tahun ini. Jumlah itu masih bisa bertambah karena masih ada waktu sampai akhir Desember,” ujar Fadjar di Makassar, kemarin.

Sekitar 40% pelanggan Indosat di KTI tercatat menggunakan kartu prabayar Mentari, selebihnya 55% memakai produk IM3 dan 5% kartu pascabayar Matrix. Pertumbuhan pelanggan, kata Fadjar, membuat Indosat juga mampu merealisasikan sasaran pendapatan di KTI. Dia menghitung pendapatan tahun ini akan mencapai 105% dari target.

Sementara itu, Executive General Manager Telkom Divre VII Elvizar KH mengungkapkan BUMN terbuka itu memerkirakan total pelanggan Flexi di KTI pada 2008 bakal menyentuh 1,25 juta dibanding sekitar 500.000 pada 2007. Awal tahun ini, Telkom hanya menargetkan penambahan pelanggan sebesar 350.000.

“Akhir Desember nanti kami berharap jumlahnya mencapai 1,25 juta dari saat ini sekitar 1,2 juta. Ini jauh melampaui target kami,” papar Elvizar. Menurutnya, kondisi pasar selular tahun ini relatif sangat bagus karena ditopang penetrasi pasar yang masih rendah. Telkom Flexi merupakan operator selular CDMA pertama yang merambah KTI sehingga memiliki keunggulan dari sisi jaringan.