Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Desember 03, 2008

Transaksi ekspor kopi capai 5.700 ton

Laporan Afandy Fatriah Mansyur

MAKASSAR: Transaksi ekspor kopi Sulsel tahun 2008 diprediksi menyamai tahun 2007 yang mencapai 5.700 ton. Nilai transaksi ekspor sendiri berpeluang terealisasi sebesar US$18,7 juta. Kepala Bidang Luar Negeri Disperindag Sulsel Hasan Majadi mengemukakan analisis tersebut berdasarkan tren realisasi ekspor kopi Sulsel posisi September yang sudah menyentuh 5.000 ton, padahal tahun berjalan masih berakhir tiga bulan lagi.

“Kami prediksikan angka ekspor kopi Sulsel menyamai capaian tahun 2007. Dan saya rasa kinerja ekspor tersebut sudah terbilang memuaskan,” ujarnya kepada Bisnis, belum lama ini. Hasan mengemukakan, capaian kinerja ekspor positif kopi Sulsel tidak mengalami penurunan signifikan akibat krisis global. Hal ini dikarenakan kopi merupakan komoditas konsumsi harian masyarakat dunia, sehingga otomatis permintaannya stabil sepanjang tahun.

Terlebih, ujarnya, citarasa serta kualitas kopi Sulsel sudah populer dan digemari di berbagai negara. Negara-negara importir kopi Sulsel adalah Amerika Serikat, Jepang, Belgia, Belanda, Korea Selatan, dan Australia.

Selain faktor citarasa serta kualitas, volume dan nilai ekspor kopi Sulsel juga tidak anjlok diserang pengaruh krisis global. Hal ini disebabkan realisasi perdagangan komoditas tersebut merupakan perjanjian yang telah ditandatangani tahun 2007 silam.