Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Desember 09, 2008

Garuda Makassar sulit capai target Rp500 miliar

Laporan Arfandi

MAKASSAR: Maskapai PT Garuda Indonesia pesimistis bakal mampu mewujudkan target total pendapatan sebesar Rp500 miliar pada tahun ini di wilayah Makassar dan sekitarnya. General Manager Garuda Cabang Makassar M. Azhar menuturkan target pendapatan Rp500 miliar tersebut sempat berada dalam jangkauan pada medio September 2008 silam. Namun akibat serangan krisis ekonomi global, potensi pendapatan perusahaan tersebut makin sulit dicapai.

Sebelumnya, Garuda menargetkan raihan pendapatan sebesar US$34 juta melalui angkutan penumpang dan kargo di Makassar tahun ini. Garuda mengincar pendapatan US$29,6 juta dari segmen penumpang dan US$4,4 juta dari kargo. Sampai Mei 2008, maskapai nasional itu telah membukukan pendapatan US$12,58 juta atau sekitar 37% dari target di Makassar. Angka itu tercatat tumbuh 18% dibanding periode sama 2007. Tahun lalu, Garuda memeroleh pendapatan US$24 juta atau hampir 1,5 kali lipat sasaran US$17 juta. Sekitar US$20 juta diperoleh dari segmen penumpang dan selebihnya kargo.

“Awalnya kami berpikir akan untung di tahun 2008, tapi ternyata malah buntung. Garuda Makassar tidak rugi saja sudah bagus. Waktu kurs Rp9.000- an per US$, kami bisa meraup Rp500 miliar, “ ujarnya kepada Bisnis, akhir pekan lalu. Menurut Azhar, Garuda Makassar amat sulit mewujudkan target pendapatan di tahun 2008 ini sebab kurs dollar terus merambat naik sehingga tanggungan biaya produksi manajemen melonjak drastis dalam tiga bulan terakhir.