Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Desember 24, 2008

Tarif instalasi listrik ditetapkan pansus

Laporan Zulfaedar Pay

MAKASSAR: Keluhan tentang penetapan tarif instalasi listrik yang memberatkan masyarakat, mendorong Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel dan PLN Sulselrabar membentuk panitia khusus (pansus). Pansus diberi tugas menetapkan standar tariff pemasang-an dan pengurusan instalasi listrik. Pembentukan panitia akan melibatkan pengurus Akli (Asosiasi kontraktor Listrik Indonesia) dan Aklindo (Asosiasi Industri Pengecoran Logam Indonesia) Sulsel.

“Pemprov segera melakukan pertemuan dengan PLN, Akli, dan Aklindo untuk merumuskan standar tarif instalasi. Tujuannya agar konsumen tidak lagi dirugikan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab,” kata Kepala Distamben Sulsel Sampara Salman usai pertemuan dengan komisi III DPRD Sulsel Bidang Pembangunan, kemarin.

Rapat yang berlangsung dua jam itu dipimpin Ketua Komisi III Susilo MT Harahap. Turut hadir Sekretaris Umum Akli Idris AR, Ketua Komite Nasional Keselamatan untuk Instalasi Listrik (Konsuil) Akhmad Parekesit, serta Deputi Manager Pemasaran PLN Sulselrabar Dietje.

"Selama ini tidak ada pengawasan terhadap Akli dalam pemasangan instalasi. Pemprov dan PLN akan melibatkan Akli atau rekanan jasa instalasi lain untuk duduk bersama dan memutuskan tarif yang ideal," ucap dia. Sekretaris Umum Akli Sulsel Idris AR menyambut baik rencana DPRD dan PLN tersebut. Idris mengaku rencana penetapan tarif standar akan memberikan dampak positif bagi lembaga yang menjadi rekanan PLN dalam instalasi listrik.