Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Desember 16, 2008

Pacu pertanian untuk hadapi krisis global

Laporan Icca Sitti

SIDRAP, Sulsel: Gubernur mendesak pemimpin kabupaten kota di provinsi itu menghidupkan sektor riil terutama pertanian guna menghadapi krisis finansial global. Hal itu dikemukakan Gubernur di Sidrap, kemarin, usai melantik bupati dan wakil bupati terpilih, Rusdi Masse dan Dollah Mando.

Syahrul mengatakan krisis ekonomi global yang terjadi saat ini harus tetap dihadapi dengan bekerja keras. Dia menyadari keadaan itu pasti akan berakibat terhadap pertumbuhan ekonomi daerah ini.

“Saya mewanti-wanti bupati/ walikota mengedepankan sektor riil. Apalagi daerah kita memiliki potensi alam yang besar terutama bidang pertanian. Biar bagaimanapun dunia butuh bahan pangan,“ tegasnya.

Menurut Syahrul, pemerintah provinsi dan pemkab/ pemkot harus kompak dalam pengambilan kebijakan guna mencari solusi krisis. Dia mengatakan pemerintah daerah dapat mengalokasikan dana dalam APBD sebagai jaring pengaman bagi rakyat miskin yang paling rentan didera dampak krisis global.

“Siapkan dana jaminan bagi rakyat miskin. Jangan biarkan mereka kelaparan dan bodoh akibat terkena imbas krisis global ke depan,” ujarnya.

Syahrul meminta pemda memercepat pencairan dana proyek pemerintah. Hal itu diharapkan dapat membantu menggerakkan perekonomian masyarakat di tengah kelesuan sektor swasta.