Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Desember 02, 2008

Gerakan Tanam Tebar, Kaltim siapkan Rp3 miliar

Laporan Eko Susanto

SAMARINDA: Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim menyiapkan anggaran Rp3 miliar untuk membeli bibit tanaman buat petani guna mendukung program Gerakan Tanam dan Tebar di daerah itu pada 2009.

Dana sebesar itu digunakan untuk memberikan bantuan kepada 136 kelompok tani yang tersebar di daerah itu dengan jumlah tanaman 300.000 pohon dalam program Penguatan Modal Usaha Kelompok (KMUK).

“Program PMUK adalah pemberian modal kepada kelompok tani yang dilakukan secara begulir, dengan harapan dapat meningkatkan hasil tanam dan pendapatan bagi petani,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim, Purwanto pada Pencanangan Gerakan Tanam dan Tebar oleh Asisten III Sekprov Kaltim, Ibnu Nirwani kemarin.

Menurut dia, dengan 300.000 pohon tersebut diharapkan mampu menambah perluasan lahan tanam mencapai 3.000 ha yang tersebar di 14 kabupaten/kota di Kaltim dengan komoditas tanaman unggul asal Kaltim.

Berbagai jenis tanaman yang dikembangkan merupakan jenis unggul berasal dari Kaltim yang sudah diakui secara nasional, sehingga selain bertujuan untuk peningkatan ekonomi, program ini juga bermaksud melestarikan tanaman asli daerah.

Berbagai jenis tanaman yang dikembangkan, antara lain durian, lai, pepaya, pisang, jambu air dan sejumlah tanaman lain yang merupakan jenis unggulan asal Kaltim yang sudah bersertifikat, sehingga telah memperoleh pengakuan secara nasional.