Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Senin, Desember 01, 2008

Inco bangun pabrik di Bahodopi

Laporan Subarkah

PALU: PT International Nickel Indonesia (PT Inco) akan membangun pabrik di Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng). Hal ini dikemukakan Direktur Proyek Bahodopi dan Pomalaa, Kuyung Andrawina di Palu, kemarin.

Tahap awal dilakukan analisis dampak lingkungan (amdal) dengan melibatkan konsultan PT Inco dan Bapedalda. “Menurut rencana bulan Januari 2009 dimulai proses amdal, setelah itu diikuti dengan pembangunan infrastruktur berupa jalan, dermaga dan landasan pesawat,” ujar Kuyung.

Menurutnya, investasi di Bohodopi sesuai kontrak karya yang ditanda tangani 1968 dan diperpanjang hingga 2025 mencapai US$500 juta. Untuk pembangunan di Bohodopi menunggu hasil amdal agar bisa menentukan jenis pabrik yang akan dibangun.

Ditanya krisis keuangan global terhadap PT Inco, Kuyung mengakui terjadi dampak yang sangat besar. Karena itu Inco mengantisipasi dengan menggunakan teknologi baru yang lebih murah dan menggunakan fasilitas yang sudah ada.

Kuyung juga menyebutkan salah satu komitmen dari PT Inco yakni memberikan bantuan kepada Universitas Tadulako sebesar Rp2,1 miliar. Bantuan ini untuk pembangunan sarana kuliah dan laboratorium fakultas kedokteran serta memberikan beasiswa kepada 34 mahasiswa.