Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Februari 20, 2009

Garuda bidik pendapatan US$39,47 juta

MAKASSAR: PT Garuda­ Indonesia Cabang Makassar tahun ini me­­nargetkan pendapatan US$39,47 juta atau naik 36% dibanding perolehan 2008.Manajer Pemasaran Ga­­­­­­­ru­­­da Makassar Agung Pra­­­bowo mengatakan pen­­dapatan perseroan di wila­yah itu tahun lalu mencapai US$29 juta atau melebihi target yang dipatok US$27,90 juta.

Menurut Agung, kenaikan­ dipengaruhi naiknya harga tiket dan peningkatan jumlah kursi penerbangan Garuda. Dia menjelaskan tingkat isian (load factor) Garuda di rute Makassar pada Januari 2009 hanya men­capai 50%, sedang­kan­ sejak awal hingga ­­tengah Februari, ting­­kat­ isian mulai meningkat dengan rerata antara 70% sampai 75%.Agung mengatakan un­­tuk menyiasati turunnya­ tingkat isian, Garuda menyiapkan beragam paket promo. Dia menuturkan frekuen­si terbanyak penerbangan Garuda dari Makassar ada­­lah ke Jakarta, yaitu seba­nyak enam kali.“Sebelumnya flight ka­mi­­ untuk rute Makassar - Ja­­kar­ta hanya lima kali se­­hari, kini dengan dibuka­nya­­ rute ba­­ru Makassar - Ken­­­dari ma­­ka bertambah menjadi enam kali pener­bangan,” ka­­ta Agung, awal pekan ini.

Garuda, papar Agung, se­­cara bertahap memperlu­as jangkauan penerbangan­ di kawasan timur Indone­sia (KTI). Pada triwulan­ per­­tama 2009, Garuda me­­nyiapkan lima rute ba­­ru tujuan Kendari, Palu, Gorontalo, Ambon, dan So­­rong, di mana Bandara Sul­­tan Hasanuddin menja­­di flight hub. Lima kota yang akan di­­singgahi itu dengan meng­­gunakan pesawat Boeing­ 733 dengan 94 kursi eko­­nomi dan 16 bisnis. Me­­nurutnya, penambahan ru­­te di KTI sudah disusun sejak 2008.

Sebagai langkah awal, pem­­bukaan rute baru akan dilakukan dengan fre­­kuensi sekali sehari. Ji­­ka animo tinggi, frekuensi akan ditambah. Agung mengklaim pang­sa pasar Garuda di rute Makassar pada 2008 sekitar 26%. Angka itu meningkat diban-ding tahun se­­belumnya 23% hingga 25%. Baru-baru ini, Garuda ju­­ga mengubah waktu pe­­nerbangan rute Makassar – Balikpapan dari ma­­lam­­ men­­jadi pagi hari. Sebaliknya, lepas landas Balikpapan – Makassar menjadi malam hari.