Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Februari 25, 2009

Sultra bangun pasar tradisional Rp3 miliar

KENDARI:Pemerintah pusat tahun ini akan membangun tiga pasar tradisional di Sultra. Pasar yang dibangun di Konawe Selatan, Baubau, dan Muna itu menelan dana Rp3 miliar atau masing-masing Rp1 miliar setiap pasar. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sultra Abdul Madjid di Kendari, kemarin. Menurutnya, bantuan ini merupakan usulan dari dinas yang dipimpinnya setelah melihat kebutuhan masyarakat di daerah terpencil terhadap pasar sangat besar.

”Pasar tradisional yang akan dibangun itu terletak di wilayah perbatasan yang masyarakatnya susah menjangkau pasar yang telah ada,” jelas Madjid. Dia menambahkan, satu tim dari Kementerian Koperasi dan UKM dijadwalkan tiba kemarin dan segera melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan pasar.

Madjid mengatakan dana Rp1 miliar tersebut untuk pembangunan gedung pasar, sedangkan lahannya telah disiapkan oleh pemerintah setempat. Selanjutnya, pengelolaan pasar diserahkan kepada koperasi pasar. Koperasi akan mendata jumlah pedagang yang ada di pasar sekaligus menjadi anggotanya. ”Meski demikian, tidak wajib bagi para pedagang masuk dalam keanggotaan koperasi,” tambahnya.

Diharapkan, pembukaan pa-sar tradisional dapat memacu pertumbuhan ekonomi masya-rakat di daerah. ”Dengan pasar tradisional ini, akan ada unit-unit usaha yang baru, ada lapangan kerja baru. Ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.Oleh karena itu, dia meminta daerah lain di Sultra melalui dinas koperasi aktif mencari sumber dana demi memacu pertumbuhan ekonomi.

”Jangan hanya menunggu saja, tapi harus aktif. Makanya, setiap ada rapat di Kendari seharusnya para kepala dinas koperasi hadir, karena di situlah kita bisa mendapatkan informasi mengenai sumber-sumber pendanaan,” pungkas Madjid.