Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Februari 24, 2009

'Pelindo IV perlu libatkan asing'

MAKASSAR:Ekonom menganjurkan manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV mengundang investor asing menanamkan modal di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar di masa mendatang. Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Bur-hamzah mengatakan untuk mewujudkan itu, manajemen harus lebih intens mempromosikan Pelabuhan Soekarno Hatta kepada lembaga internasional dan pelayaran asing.

Menurutnya, kepemilikan asing di Pelabuhan Makassar akan mendorong atmosfer manajemen kepelabuhanan yang baik di masa mendatang. Dampaknya pada kinerja keuangan yang semakin signifikan yang didukung frekuensi bongkar muat barang tinggi.

Pelindo IV berencana mengembangkan Pelabuhan Makassar yang baru di atas lahan reklamasi seluas 250 hektare. Sekitar 50 ha akan disulap menjadi kawasan pelabuhan sedangkan 200 ha lainnya untuk areal industri. Reklamasi lahan ini diharapkan mulai Januari 2010 dan selesai 2013.

Pengembangan pelabuhan teramai di wilayah timur Indonesia itu untuk mengantisipasi kenaikan permintaan ruang peti kemas yang saat ini telah mencapai 300.000 Teus per tahun. Daya tampung terminal peti kemas Makassar hanya 350.000 Teus. “Harus ada investor luar negeri yang masuk untuk tanamkan modal di Pelabuhan Soekarno Hatta, supaya kapal-kapal dari negara tersebut merintis masuknya kapal-kapal asing ke pelabuhan kita,” ungkap Burhamzah.

Menurut Burhamzah, pengusaha Australia sebenarnya tertarik berinvestasi di Pelabuhan Makassar pada tahun 2007 lalu, sewaktu dirinya masih menjabat Komisaris Utama Pelindo IV. Namun, rencana tersebut belum ditindaklanjuti manajemen Pelindo IV. Padahal, katanya, peluang kerja sama terbuka lebar menyusul banyaknya investasi pertambangan dan agribisnis yang ingin digarap Australia di Sulsel. Pemerintah Australia ingin masuk ke Pelabuhan Soekarno Hatta dengan harapan semakin mudah mendapatkan komoditas,” ungkapnya.