Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Februari 27, 2009

Jalan lintas tengah Sulsel mulai 2009

MAKASSAR: Pemban­gunan jalan nasional lintas tengah Sulawesi Selatan dimulai tahun 2009 hingga 2011. Pembangunan ini menggu­nakan pinjaman ENRIP (Eastern Indonesia National Road Inprovement Project).

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Bina Marga Nurdin Samaila mengatakan jalan lintas tengah meliputi wilayah Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba hingga Sinjai. Menurutnya, proyek jalan itu akan dibuat dalam enam paket.
Nurdin mengungkapkan­ paket pertama pada jalur Bantaeng-Bulukumba dipre­­diksi menelan anggaran Rp34,46 miliar. “Dana paket ini masih dicari dan diharapkan berasal dari ENRIP, “ tutur Nurdin di Makassar, kemarin.

Paket kedua Jeneponto-Bantaeng menggunakan da­­na DIPA (Daftar Isian Penge­lolaan Anggaran) Rp15,61 miliar. Paket ketiga dan keempat jalur Bulukumba-Tondong senilai Rp15,08 miliar dan Rp15,08 miliar.

Sedangkan paket kelima Bulukumba-Tondong-Sinjai dengan DIPA Rp14,61 mi­liar. Terakhir paket enam pada jalur Sengkang-Impa Impa-Tarumpakae menggunakan DIPA sebesar Rp14,61 miliar. Nurdin berharap proyek jalan lintas tengah itu segera direalisasikan karena anggarannya sudah ma­­­suk APBN 2009.­

“Pembebasan lahan menjadi salah satu penyebab selain terganggunya sarana dan prasarana seperti telepon, listrik dan pipa air saat pekerjaan berlangsung,” ujar Nurdin.