Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Februari 26, 2009

Jalan nasional sepanjang 310 km di Sulsel rusak

MAKASSAR: Jalan nasi-onal sepanjang 310 km di Sulawesi Selatan dalam kondisi rusak. Jumlah itu mencapai 19,34% dari total 1.556 km jalan nasional di daerah ini. Kepala Balai Besar Jalan Nasional Bina Marga Nurdin Samaila mengemukakan kerusakan jalan karena kelebihan beban kendaraan.

“Kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait agar konsisten dalam aturan beban jalan,” ujar Nurdin saat rapat kerja bersama Kepala Biro Pe-rencanaan Departemen Pekerjaan Umum Djoko Murjanto di Makassar, kemarin. Selain itu, kata Nurdin, banyak jalan nasional di Sulsel sudah tergolong uzur sebab dibangun pada awal tahun 1980-an. Idealnya, kata dia, umur jalan nasional berkisar 10 hingga 20 tahun.


“Kami akan memaksimalkan pemeliharaan rutin dan peningkatan kapasitas penanganan jalan nasional,” tutur Nurdin. Dia mengakui ada pula penyebab internal yang masih harus dibenahi, seperti pemeliharaan rutin. “Keberadaan dua satuan kerja yang menangani satu ruas jalan serta ketidakmampuan menangani jalan rusak menjadi penyebab kerusakan,” imbuh Nurdin.

Dia mengemukakan ruas jalan yang rusak mencakup ruas Pinrang ke perbatasan Polewali Mandar, Watampone ke Pitumpanua, serta ruas Sengkang ke Impa Tarumpakkae di Siwa. Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang meminta pemerintah pusat membantu penanganan jalan rusak di daerah ini. Menurutnya, peningkat-an kapasitas jalan sangat perlu untuk menopang ekonomi.

“Terutama jalan dari Pinrang ke Sulbar sepanjang 60 km itu kiranya segera ditangani supaya tidak mengganggu transportasi barang dan jasa antardua provinsi,” tegas Agus. Kepala Bappeda Sulsel Tan Malaka Guntur dalam pemaparannya mengeluhkan lemahnya koordinasi antarinstansi yang menangani jalan. Menurutnya, instansi dari pemerintah pusat kurang berkoordinasi dengan pihak pemerintah daerah. Akibatnya, fungsi pengawasan di lapangan lemah.