Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Februari 10, 2009

Belanja Rp178 miliar mulai cair Maret

MAKASSAR: Proyek proyek infrastruktur di Makassar yang mencapai Rp178 miliar akan mulai dikerjakan medio Maret 2009, dengan target finalisasi selama dua bulan.Ketua Komisi C DPRD Makassar Burhanuddin Odja mengemukakan dewan akan mendorong pengerjaan konstruksi jalan, jembatan, dan drai­­nase sepanjang dua bulan mendatang, agar aktivitas ekonomi bisa dipacu pada 2009.Burhanudin mengakui kinerja be­­lanja pembangunan di tahun-tahun sebelumnya tidak terlalu baik karena sering terlambat dari tenggat­ waktu realisasi.

Menurutnya, kenyataan dan kecenderungan tersebut telah membuat masyarakat tidak bisa merasa­kan hasil pembangunan secara op­­timal. Padahal, katanya, pemerintah­ dan pihak le­­gislatif ingin memaksimalkan daya dorong ekonomi dengan belanja anggaran. “Sebenarnya kami mau dana infrastruktur Makassar bisa direalisasikan hingga Rp500 miliar di 2009, namun karena ada program pendidikan dan kesehatan gratis, legislatif tidak bisa mewujudkannya,” ungkapnya kepada Bisnis, belum lama ini.

P­­­RD Makassar itu mengatakan pro­­­yek infrastruktur fisik Makassar­ saat ini telah memasuki proses ten­­­der, pasca pengesahan di bulan­ Januari lalu. Menurutnya kon­­­­trak­­­­­­­tor­ pemenang proyek fisik Ma­­­kas­sar harus bekerja profesional, agar kualitas pengerjaan mereka ber­­kualitas dan tahan lama dalam pe­­manfaatannya.Dia mengatakan belanja daerah ta­­hun 2009 mencapai Rp1,22 tri­liun, di mana pendidikan, keseha­­t-an,­ dan infrastruktur menjadi program prioritas.

Burhanuddin mengungkapkan khu­­­­sus untuk pembangunan jalan­, jem­­batan, dan drainase dalam AP­­BD Makassar 2009 mencapai Rp45 mi­­liar, dari total belanja fisik Rp178 miliar. “Khusus untuk pembangunan jalan-jalan aspal di Makassar mencapai Rp14 miliar. Dana tersebut belum termasuk dana pemeliharaan dan peningkatan jalan nasio­nal,” ujarnya.

Banjir
Burhanuddin menambahkan bah­­wa sarana fisik yang juga menjadi perhatian DPRD pada 2009 adalah program penanggulangan banjir, dengan kesiapan anggaran Rp11 miliar.Menurutnya, Pemerintah Provinsi juga mendukung Pemkot Makassar untuk mengatasi masalah banjir di perkotaan dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp5 miliar dalam APBD Sulsel 2009. “Kami akan bangun drainase ja­­lan yang lebih baik dan bisa men­­cegah terjadinya genangan air di wi­­layah strategis Makassar­,” ungkapnya.