Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Februari 10, 2009

'Bongkar muat Makassar cepat'

MAKASSAR: PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV menyatakan pelayanan bongkar muat barang baik melalui peti kemas maupun konvensional di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar merupakan salah satu yang terbaik dan tercepat di Indonesia saat ini. Terminal Peti Kemas (TPK) Makassar bahkan baru-baru ini memeroleh penghargaan dari pihak terkait atas pelayanan optimal selama tahun 2008.

Direktur Utama Pelindo IV Djarwo Surjanto mengatakan kenyataan itu sekaligus menggugurkan ‘tudingan’ bahwa pelaya­n-an bongkar muat di Pelabuhan Makassar lambat dan menjadi salah satu penyebab terhambatnya distribusi barang di wilayah terkait.
Djarwo menyampaikan hal itu untuk menanggapi pernya­taan Asisten Deputi Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Transportasi Mesra Eza yang disampaikan kepada wartawan, pekan lalu. Menurut Mesra, pelaya­n-an­­­­­ bongkar muat Pelabuhan Ma­kassar masih lambat, panjang, dan pada gilirannya menimbulkan efek ekonomi biaya tinggi bagi pelaku usaha.
Dia mengatakan hal itu membuat Pelabuhan Makassar belum memberi kontribusi optimal bagi pere­konomian Sulsel dan sekitarnya, sehingga perlu dievalu-a­si­ menda­lam untuk mendorong efektifitas kinerja. Mesra mengatakan masalah kelambanan distribusi menyebabkan daya saing ekonomi lokal sulit berkembang dalam peta kompetisi nasional dan internasional. (Bisnis, 9 Januari)Mesra membandingkan waktu sandar kapal di Pelabuhan Makassar yang disebutnya mencapai 3-4 hari, dengan kondisi di negara tetangga Malaysia yang hanya dalam hitu­ngan sehari.

Wagub Sulsel Agus Arifin Nu’mang yang mendengar hal itu mengatakan segera menggelar pertemuan khusus dengan manajemen Pelindo IV untuk membahasnya. “Kalau dikatakan kami lambat, harus jelas dong perban­dingannya, misalnya apakah itu peti kemas atau campuran,” tutur Djarwo kepada Bisnis, kemarin. “Kami merasa selama ini berupaya cukup keras dan akan terus berusaha meningkatkan pelaya­nan,­ entah itu kenyamanan dan kecepatan bongkar muat.

” Data yang diperoleh Bisnis menunjukkan rata-rata waktu sandar kapal (BT) bermuatan peti kemas di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar mencapai 20,93 jam pada 2008. (lihat tabel) Dari waktu tersebut, waktu bongkar muat efektif (ET) mencapai 14,83 jam. Rerata waktu sandar tercepat selama 2008 terjadi pada bulan Oktober 17,74 jam per kapal, sedangkan paling lama di Juni 25,60 jam.

Waktu efektif 70%
General Manager TPK Makassar Anharuddin Siregar mengatakan rerata rasio waktu bongkar muat efektif terhadap lama sandar kapal (ET/BT) pada 2008 mencapai 70,86%. Menurutnya, rasio tersebut salah satu yang tertinggi di Indonesia saat ini. Dia menyebut TPK Makassar berupaya meningkatkan rasio ET/BT menjadi 80% dalam jangka menengah.

“Kami baru-baru ini mendapat pujian dari asosiasi pelayaran dan pihak terkait lainnya atas kecepat-an pelayanan,” imbuhnya. Rata-rata barang bongkar di TPK Makassar pada tahun lalu mencapai 233 boks per kapal, rerata barang muat 231 boks, dengan rerata totalnya 464 boks per kapal.“Itu rata-rata. Ada juga kapal yang membongkar atau memuat lebih dari itu. Ada yang sampai 1.200 boks per kapal.”

Ketua Gabungan Pengusaha Forwarder dan Ekspedisi Indonesia (Gafeksi) Sulsel Mansyur Taba mengatakan pelayanan dan ke­­ce­­­patan bongkar muat barang di Pelabuhan Makassar sejauh ini cu­­kup baik. Dia mengaku tak ada keluhan berarti mengenai pelayanan di pelabuhan tersebut.