Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Februari 11, 2009

Kapet Manado-Bitung beri investor insentif

MANADO: Kawasan Pe­­ngembangan Ekonomi Terpadu (Kapet) Manado-Bitung memfasilitasi pemberian insentif fiskal dan non fiskal bagi investor yang menanamkan modal di Sulawesi Utara.“Insentif fiskal berupa rekomendasi kepada kantor pajak agar menda­pat kemudahan terutama untuk impor barang modal,” kata Direktur Pe­­ren­canaan Badan Pengembangan Kapet Manado-Bitung Charles Keppel, kemarin.

Selama ini, sudah 49 perusahaan yang diberikan rekomendasi, salah satunya investor perikanan di Kota Bitung yang pada akhirnya disetujui mendapatkan insentif pajak sebesar Rp1,5 miliar pada tahun 2008.
Sementara untuk insentif non fiskal, kata Charles, berupa pendampingan investor oleh Kapet selama menanam modal di Sulut, a.l. soal keimigrasian, tenaga kerja, dan berbagai pelayanan yang dibutuhkan investor.“Investor ingin mendapatkan kepastian dalam berbagai hal. Kapet sudah merancang kebijakan insentif non fiskal selama perusahaan beroperasi di Sulut,” kata Charles.

Insentif diberikan kepada investor yang beroperasi di wilayah Kapet Manado-Bitung meliputi Minahasa, Minahasa Utara, Tomohon, Bitung, dan Manado.Pemberian dua insentif itu, kata Charles, bertujuan merangsang tumbuhnya penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun asing (PMA). Selain itu, untuk memacu ekonomi Sulut agar tetap baik meski terjadi krisis keuangan global.