Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Februari 10, 2009

Bunga KPR 12,5% bisa diperpanjang

MAKASSAR: PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dapat saja memperpanjang masa penawaran bunga kredit pemilikan rumah (KPR) sebesar 12,5% apabila animo pasar besar dan pertimbangan lainnya.Kepala Cabang BCA Makassar Hendrik Sia mengatakan bunga KPR 12,5% diberikan bagi debitor yang telah menjadi nasabah BCA minimal tiga tahun.

Penawaran ini dalam rangka HUT bank umum nasional itu dan hanya berlaku tiga bulan terhitung pekan ini. (Bisnis, 9 Februari) “Bisa saja diperpanjang atau dibuat program lain tergantung kondisi tingkat bunga. Bunga 12,5% ini memang menarik karena termasuk paling rendah di pasar sekarang,” kata Hendrik, kemarin.

Hendrik menjelaskan nasabah yang mempunyai outstanding pinjaman KPR di BCA dikenakan bunga bervariasi tergantung pada saat yang bersangkutan mengambil kredit. Sejumlah nasabah lama mendapat bunga 9%, lainnya 10%, 12,5%, dan tertinggi 14%. “Nasabah lama kami kenakan bunga KPR paling tinggi 14%. Penurunan bunga BI rate yang terjadi tiga bulan terakhir dan diperkirakan berlanjut akan membuat tren bunga KPR ikut turun,” paparnya.

Hendrik menambahkan nasabah baru atau yang mempunyai rekening­ di BCA kurang dari tiga tahun dikenakan bunga 14,5%. Menurutnya, perbankan se­­­ca­­ra bertahap akan menjawab tuntutan masyarakat atas bunga kredit termasuk KPR yang lebih rendah. Dia mengatakan bunga rendah akan memancing minat nasabah me­­­­­ng-ambil kredit.

Tahun ini BCA memerkirakan posisi kredit KPR di Sulsel dapat mencapai Rp250 miliar dari akhir tahun lalu sebesar Rp170 miliar. Bank swasta ini membukukan per­­tumbuhan plafon kredit sebesar 80% selama 2008 yakni menjadi Rp1,8 triliun, termasuk bank garansi. Dari jumlah itu, plafon kredit produktif (modal kerja dan investasi) mencapai Rp1,6 triliun, tumbuh hampir dua kali lipat dibanding posisi tahun sebelumnya Rp818 miliar. Used plafond kredit produktif sekitar 71% atau kira-kira Rp1,13 triliun.