Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Februari 12, 2009

Kaltim jadi proyek percontohan bahari

SAMARINDA: Provinsi Kalimantan Timur akan men­jadi daerah percontoh­an untuk program Kota Ter­­padu Mandiri (KTM) Bahari dari Departemen Te­­naga Kerja dan Transmigrasi. Program ini sebagai upa­­­­­ya percepatan pertum­­buhan ekonomi rakyat, khususnya di kawasan pe­­­sisir. Keputusan itu disampai­kan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Su­­­parno saat menerima jajaran Pemprov Kaltim­ dipimpin Gubernur Awang­ Faroek Ishak dan Ke­­tua DPRD Herlan Agus Sa­­lim di Jakarta, Rabu malam. Menurut sumber Bisnis yang mengikuti pertemuan, Kaltim dinilai laik menjadi kawasan percontohan untuk program KTM Bahari. “Saya minta pemprov se­­­­­gera konsolidasi dan mem­­­­­­­bentuk tim bersama Dep­­­nakertrans untuk me­­­ren­­­­­canakan program ini yang biayanya dari Dep­­­­­­­­­­na­­kertrans. Daerah me­­nyiap­­­­­­kan lokasi dan mas­­­­ya­­­rakatnya serta da­­na pen­­­damping,” kata Erman.

Selain KTM Bahari, Kaltim juga diminta sege-ra menyiapkan program ker­­­j­­­­a sama Kota Terpadu Man­­­­­­­­diri Hutan Tanaman Rakyat (KTM-HTR) yang sudah dikembangkan di se­­­jumlah daerah dengan me­­­manfaatkan lahan kritis.Kegiatan itu merupakan kerja sama Depnakertrans dan Dephut guna melibatkan masyarakat melalui program transmigrasi untuk mempercepat pelesta-rian kawasan hutan kritis.

“Saya juga minta agar Kaltim membentuk tim inventarisasi lahan kritis yang siap dihijaukan kembali.Diharapkan 2010 sudah berjalan karena anggarannya akan dibahas tahun ini,” ujar Menteri pula.

Erman menjelaskan, da­­­lam program KTM-HTR itu, masyarakat yang terlibat akan menerima jatah hidup dua tahun dan pem­­binaan lima tahun, dengan menanam jenis ka­­yu yang pertumbuhan­nya cepat, sehingga pada lima tahun pertama sudah siap dipanen untuk kebutuhan lokal.