Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Februari 06, 2009

Rute kargo Makassar-Hongkong segera dibuka

MAKASSAR: Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo memastikan perusahaan kargo PT Cardig Air akan memulai pembukaan rute Jakarta-Makassar-Manado-Hongkong dalam kurun satu bulan mendatang. Rute ini diharapkan membuka kesempatan bagi eksportir Sulsel mengirim langsung barang pesanan­ ke Hongkong dan nantinya negara tetangga lain sehingga tidak perlu lagi melalui pintu ekspor di Surabaya atau Jakarta.

“Saya dijanjikan dalam sebulan ke depan Cardig Air bisa mulai membuka rute itu. Ini harus kita manfaatkan untuk menggairahkan ekspor,” katanya, Rabu 4 Januari 2009. Salah satu kendala ekspor Sulsel adalah pengiriman barang pada umumnya harus transit di Surabaya atau Jakarta sebelum diterbangkan ke luar negeri. Ini memicu biaya tersendiri dan agak membatasi posisi tawar eksportir.

Syahrul berjanji rute yang dibuka Cardig akan menjadi awal dari pembukaan rute langsung ekspor berikutnya. Pemprov, kata dia, akan menegosiasikan persoalan akses ini dengan Dirjen Bea Cukai dan pihak terkait. Menurutnya, eksportir daerah itu bakal menikmati hasil lebih besar apabila ekspor dilakukan langsung dari Makassar. Eksportir juga diharapkan menjadi lebih efisien.
Bisnis mencatat CEO PT Cardig Air Boyke P. Soebroto pernah menemui­ Gubernur Sulsel membicarakan rencana pembukaan rute kargo ke Hongkong.

Cardig, kata Boyke, juga mengincar pasar ekspor kargo di kawasan timur Indonesia. Dia berharap Ma­­kassar dapat menjadi batu pijakan ekspansi ke daerah lain. Cardig akan menggunakan pesawat Boeing 737-300 yang sanggup mengangkut barang kargo hingga 17 ton sekali jalan.
Saat bertemu Gubernur, Boyke menjanjikan operasional dimulai Februari ini.