Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Februari 06, 2009

Telkom bidik pasar e-government di KTI

MAKASSAR: PT Telekomu­ni­kasi Indonesia Tbk (Telkom) membidik pasar produk dan solusi sistem teknologi informa­si dan komunikasi untuk ad­­mi­­nistrasi pemerintahan (e-go­­ver­nment) di kawasan timur Indonesia.Direktur Konsumer PT Telkom Tbk I Nyoman Wiryanata me­­­nga­takan Telkom memiliki in­­­fras­­­truktur dan sumber daya manusia (SDM) yang sangat siap untuk menjadi pemimpin pasar customized services di KTI.

Di samping itu, perusahaan penyedia lainnya belum banyak yang masuk ke wilayah itu sehingga­ sedikit melempangkan jalan bagi BUMN tersebut. “Kami sangat siap membantu pemda-pemda me­­­­­­­­ngembangkan e-government­ dalam pelayanan publik. In­­­fras­­­truktur kami sangat siap,” kata Nyoman di Makassar, kemarin.

Meski demikian, Nyoman mengakui kondisi geografis di KTI yang wilayahnya amat luas agak menjadi kendala. Namun, menurutnya, kendala tersebut relatif dapat diatasi mengingat manfaat e-government dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi lembaga/instansi negara. Nyoman mengaku tidak hafal berapa persisnya biaya investasi paket lengkap e-government. “Tetapi investasi itu akan terbayar dengan sendirinya dengan peningkatan pelayanan publik,” ujarnya.

E-government adalah penggu­­naan teknologi informasi dan telekomunikasi dalam adminis­trasi pemerintahan dan pelaya­n-an­ publik. Singkatnya, aplikasi internet di lingkungan pemerin­tahan.
Untuk menerapkannya, di­­per­­lukan kesiapan SDM serta sarana dan prasarana terkait, entah itu peranti lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).Sebuah kajian dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyebut­kan tingkatan e-government me­­­­liputi empat tahap, yakni per­­­tama, pemerintah mempubli­kasikan informasi lewat situs Web.

Kedua, interaksi masyara­kat dengan kantor pemerintah­ melalui surat elektronik (email).Ketiga, masyarakat pengguna berinteraksi dengan kantor pemerintah secara timbal balik. Level terakhir adalah integrasi di seluruh kantor pemerintah dengan basis data (database) yang sama.
Menurut kajian itu, Singapura merupakan contoh negara di Asia Tenggara yang sudah sampai ke level keempat.

Aplikasi e-Gov

Telkom saat ini memiliki aplikasi e-Gov yaitu sistem aplikasi satu atap untuk 17 layanan izin dan rekomendasi seperti IMB, HO, KTP, SIUP, dll. Secara terpisah, Telkom juga makin agresif menawarkan laya­n­an­ internet Speedy ke kantor-kantor pemda guna memacu penggunaan internet di lingku­ngan pemerintahan. Dalam perkembangan lain, Nyoman menuturkan Telkom tengah menyiapkan peluncuran resmi produk NGN (next generation network) yang memungkinkan pengguna mengakses layanan triple play berupa suara, gambar, dan data secara bersamaan melalui satu media.