Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Maret 12, 2009

Aset Bank Muamalat tumbuh 30%

AMBON: Aset Bank Muamalat Ambon, Maluku, terus bertumbuh hingga 30% sejak pertama kali melayani nasabah pada November 2006 di kota berjuluk Manise itu. Koordinator Pemasaran Bank Muamalat Ambon Abdul Rodjak menuturkan pertumbuhan aset ini terjadi seiring meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada bank berbasis syariah tersebut. Menurutnya, selain peningkatan jumlah nasabah, pembiayaan juga tumbuh 60%.

“Nasabah bertumbuh dari tahun 2007 sebanyak 5.792 menjadi 11.405 nasabah di akhir 2008, sedangkan pembiayaan kredit dari 244 debitur menjadi 504 debitur. Rata-rata tumbuh sekitar 60%,” ujarnya di Ambon, kemarin.
Dari sisi pembiayaan, kata Rodjak, peningkatan itu terutama terjadi pada sektor jual beli, sedangkan bagi hasil menempel pada urutan kedua. Pembiayaan pada layanan jasa belum membukukan hasil. Dia menyebutkan aset dari tahun 2007 tercatat Rp31 miliar naik menjadi Rp35 miliar pada akhir 2008. Di 2009, kata Rodjak, pertumbuhan aset diproyeksikan bertengger di kisaran Rp45 miliar.

Dengan tumbuhnya aset, ujar dia, bisa mendorong secara maksimal pembiayaan yang sedang diusahakan menjaring debitur UMKM hingga menyerap 60% dari seluruh total pembiayaan di tahun 2009. “Kami sedang fokus untuk menjaring sektor riil sehingga memberi dampak pada peningkatan aset bank,” tandasnya.

Menurut Rodjak, selama ini pihaknya selalu menjaring badan usaha yang telah berbadan hukum sebagai mitra pembiayaan, seperti koperasi. Untuk usaha perorangan, katanya, masih mengandung risiko karena faktor kelaikan usaha dan akuntabilitasnya masih belum bagus. “Jangan sampai pembiayaan untuk tujuan produktif malah digunakan untuk kepentingan konsumtif,” tukasnya.

Sebagai strategi menjaring nasabah, kata Rodjak, pihak-nya sudah memperluas akses masyarakat ke layanan perbankan dengan sistem online. Layanan itu, kata dia, melalui kerja sama dengan kantor pos di setiap daerah. “Ke depan kantor pos sudah menyanggupi untuk membuka layanan online hingga di setiap kantor pos di setiap kecamat­an. Cara itu bisa memudahkan akses masyarakat pada jasa perbankan kami,” ujarnya.

Selain itu, jelasnya, untuk menjaring nasabah setiap tahun bank memberi bonus umroh bagi nasabah yang terus me-ningkatkan saldo tabungan. Menurutnya, saat ini perkembangan Bank Muamalat cukup stabil. Dia mengklaim dari 27 bank yang beroperasi Maluku, Bank Muamalat berada pada rangking 20.