Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Maret 18, 2009

Dana lintas barat kurang Rp400 miliar

MAKASSAR: Dana pembangunan jalan lintas barat Sulawesi tahap kedua sepanjang 184 km masih kurang sekitar Rp400 miliar dari total kebutuhan Rp900 miliar.Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Makassar, Nurdin Samaila, mengatakan kekurangan anggaran tersebut dikhawatirkan memperlambat pembangunan.

Padahal, menurut dia, target penyelesaian jalan lintas barat adalah Desember 2009 atau selama 18 bulan. Pada pembangunan tahap pertama tahun 2008, menelan dana Rp250 miliar. Selain itu, kendala yang timbul adalah pembebasan lahan warga yang belum selesai. Menurutnya, pemerintah seharusnya sudah gesit membebaskan lahan.

Tak hanya itu, yang paling mengganggu adalah tiang listrik yang masuk ke badan jalan. Nurdin menyimpulkan jalan lintas barat Sulawesi hanya bisa selesai tepat waktu setelah berbagai kendala itu sudah diatasi. “Kami memberi waktu hingga awal Mei, kalau semua persoalan tidak selesai jalan lintas barat akan tertunda,” kata Nurdin, pekan ini.

Menurut Nurdin, tak seharusnya kendala tersebut terjadi sebab semua memiliki dana khusus. Dia mencontohkan pekerjaan di lapangan yang terpaksa terhenti hanya karena tiang listrik berdekatan dengan jembatan. Dijelaskan, total anggaran pembangunan jalan 2009 mencapai Rp650 miliar. Anggaran ini termasuk lanjutan jalan lintas barat, pemeliharaan, pinjaman luar negeri, dan pembangunan jalan-jalan dalam kota.

Dana pinjaman luar negeri, salah satunya dari Australia digunakan untuk membangun ruas jalan Jeneponto - Bantaeng hingga Bulukumba sepanjang 120 km dengan anggaran Rp530 miliar. Sedangkan pinjaman lainnya dari Bank Dunia dalam tiga paket, yaitu jalan Maros - Lamuru, perbatasan Wajo - Luwu, dan Masamba - Wotu, dengan total anggaran Rp140 miliar.

eko