Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Maret 20, 2009

Unhas jajaki usaha jagung dan rumput laut

MAKASSAR: Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar akhirnya mewujudkan impian membangun industri farmasi di Sulawesi Selatan dengan menggaet PT Sulawesi Sari Komoditi Gowa. Kerja sama itu ditandai penandatanganan nota kesepahaman di Kampus Unhas, Rabu, antara Dekan Fakultas Farmasi Unhas Prof Dr Elly Wahyuddin, DEA dengan Direktur Utama PT Sulawesi Sari Komoditi Drg Andi Ayu Sartika.

Dalam kerja sama yang akan berlangsung tiga tahun dan dapat diperpanjang atau diubah atas kesepakatan kedua pihak tersebut, Fakultas Farmasi Unhas akan melaksanakan Program Pengembangan Produk Jagung dikombinasi dengan Rumput Laut. Kedua pihak juga sepakat memproduksi dan memasarkan produk makanan berbasis rumput laut dan jagung.

Unhas melalui Fakultas Farmasi akan melaksanakan penelitian awal tentang potensi dan pengembangan produk lokal dan melakukan penelitian lanjutan yang lebih terarah. Dirut PT Sulawesi Sari Komoditi Andi Ayu Sartika mengatakan sangat senang dapat mengembangkan dan memajukan potensi lokal dengan memfokuskan diri pada produk bassang sereal dan rumput laut.

“Bahan baku kedua produk ini diperoleh dari lokal Sulsel, diolah dengan teknologi tepat guna,” kata Andi Ayu. Dia mengatakan, produk kerja sama ini merupakan upaya awal meningkatkan pendapatan petani dan nelayan. Dekan Fakultas Farmasi Unhas Elly Wahyuddin mengatakan kerja sama ini merupakan langkah maju setelah fakultas yang dipimpinnya itu berdiri dua tahun silam. “Sudah 30 tahun kami memikirkan berdirinya fakultas ini, dan kini kami ingin menjadi tiang bagi Universitas Hasanuddin,” ujar Elly.

Rektor Unhas Idrus A Paturusi menilai terwujudnya kerja sama untuk membangun industri farmasi di Sulsel ini merupakan salah satu obsesinya di saat masa kepemimpinannya sudah berjalan tiga tahun. “Universitas itu memang kaya ide, namun sulit dipasarkan jika tidak ada kerja sama dengan industri,” ujar Idrus.

Menurutnya, pembangunan industri untuk mengurangi kesenjangan antara kawasan barat Indonesia dengan timur. Minimal, dengan adanya industri di Sulsel akan dapat menarik dan menyediakan tenaga dan lapangan kerja bagi masyarakat.

PT Sulawesi Sari yang didirikan 29 Februari 2009 sudah membangun fasilitas pengadaan industri farmasi di Jl. Beringin 2, di belakang Kantor Bupati Gowa di Sungguminasa, Sulsel.