Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Rabu, Maret 11, 2009

Unilever kuasai 60% pasar produk kesehatan

MAKASSAR: PT Unilever Indonesia Tbk mengklaim menguasai 60% pasar produk kesehatan di Tanah Air pada 2008. Dari penguasaan pasar sepanjang tahun 2008 tersebut, penjualan terbesar diperoleh dari produk seperti sabun mandi batang, sabun cair, sampo, dan hand wash.

Assistant Brand Manager Merek Lifebuoy Unilever Anggiaswari Odang mengatakan produk Lifebuoy termasuk yang memberikan keuntungan paling besar bagi perseroan, terutama penjualan melalui paket promosi. Dia mengaku yang mendominasi penjualan di daerah adalah sabun kesehatan jenis padat maupun cair.

“Penetrasi pasar melalui kegiatan promosi cukup besar mendongkrak penjualan. Masyarakat lebih mudah menerima dan memahami manfaat produk Unilever,” kata Riri seusai acara Superdad Lifebuoy di Makassar, kemarin. Dia mengaku produk kesehatan adalah satu-satu-nya dari 18 lini produk milik Unilever yang menguasai pasar di seluruh Indonesia saat ini. Produk kesehatan tersebut terdiri dari sabun Lifebuoy, Lux, Pepsodent, dan Sunsilk.

Unilever, kata dia, optimistis tetap dapat mempertahankan posisi nomor satu dalam penjualan produk kesehatan. Selain kesehatan, penjualan Unilever juga diperoleh dari produk wewangian, kecantikan, kebersihan, dan makanan.

Merek produknya meliputi Axe, Citra, Pond’s, Rexona, Rinso, Sunlight, dan Molto. Di samping itu, Kecap Bango, Blueband, Royco, Sariwangi, Taro, dan Wall’s. Anggiaswari menegaskan perusahaan yang berdiri pada tahun 1933 itu tidak hanya fokus pada penjualan, tapi juga memberikan perhatian kepada

peningkatan sumber daya manusia melalui program corporate social responsibility (CSR). Program CSR Unilever, menurut Riri, dalam bentuk kampanye kesehatan, edukasi gigi dan mulut, pelestarian makanan tradisional, serta memerangi kelaparan dan kekurangan gizi di Indonesia.