Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Kamis, Maret 05, 2009

Sulsel-Singapura galang kerja sama dagang

MAKASSAR: Pemerintah Singapura dan Peme-rintah Provinsi Sulawesi Selatan siap bekerja sama dalam bidang perdagangan. Lalu lintas ekspor impor kedua negara diharapkan meningkat terutama komoditas pertanian dan hasil perikanan laut. Hal itu dikemukakan Menteri Luar Negeri Singapura George Yeo saat konferensi pers usai bertatap muka dengan Gubernur Syahrul Yasin Limpo di Makassar, kemarin.

George mengatakan Sulsel sangat potensial dengan kekayaan alam yang melimpah. Menurutnya, kerja sama bidang ekonomi sangat diharapkan guna menjalin hubungan yang lebih baik. ”Kesempatan bekerja sama langsung dalam bidang perdagangan sangat dimungkinkan. Singapura dan Sulsel akan menandatangi nota kesepakatan untuk mempertegas kerja sama itu,” tutur George.

Dia menambahkan kemungkinan Sulsel mengekspor langsung ke Singapura terbuka lebar. Pasalnya, hal itu dapat mengurangi biaya peng-angkutan. Untuk itu, George menekankan pentingnya ada penerbangan langsung Ma-kassar-Singapura. Dia berjanji akan membicarakan kemungkinan tersebut dengan maskapai penerbangan di negaranya.

"Kalau ada penerbangan langsung, tidak hanya ekspor yang bisa optimal. Peningkatan kapasitas pariwisata Singapura dan Sulsel juga bisa terlaksana." Selain itu, George juga tertarik mengoptimalkan impor kakao dan olahannya dari Sulsel. Menurutnya, Singapu-ra telah lama mengimpor kakao dan olahannya dari Sulsel. "Kami punya pabrik kakao di Sulsel. Ada PT Olam yang selama ini memproduksi butter dan powder kakao," pungkas George.