Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Maret 10, 2009

BNI Syariah incar pembiayaan tumbuh 21%

MAKASSAR: PT Bank Negara Indonesia Syariah (BNI Syariah) Makassar menargetkan total pembiayaan di Sulawesi Selatan tahun ini menembus Rp212 miliar atau tumbuh sekitar 21% dibandingkan dengan posisi akhir tahun lalu. Kepala Cabang BNI Syariah Makassar Ali Fauzi mengatakan pihaknya akan mengejar sektor potensial di segmen konsumer seperti kredit pemilikan rumah (KPR) dan mobil (KPM).

Sedangkan di sektor komersial, jelasnya, BNI Syariah mengincar pembiayaan wirausaha untuk perdagangan komoditas andalan daerah itu, serta jasa-jasa dunia usaha. Ali menuturkan perseroan akan mempercepat pengucuran pembiayaan di semester I ini karena menilai kondisi ekonomi relatif masih baik.

“Kami akan kejar target tahun 2009 agar bisa tercapai pada semester I ini. Soalnya kita tidak tahu bagaimana kondisi ekonomi di semester II, jangan-jangan memburuk,” kata Ali kepada Bisnis, pekan lalu. Dia mengemukakan permintaan pembiayaan relatif masih kuat dalam setahun terakhir kendati dampak krisis finansial global tampaknya mulai menjalar ke perekonomian nasional maupun daerah.

Hal itu, kata dia, tampak dari realisasi kredit BNI Syariah yang tetap kokoh sepanjang 2008. Tahun lalu, perseroan mencatatkan outstanding pembiayaan sebesar Rp175 miliar, naik 17% dibanding akhir tahun sebelumnya.

Sekitar 35% atau setara Rp60 miliar dari total pembiayaan digelontorkan untuk KPR syariah. Ali menuturkan pihaknya bakal memacu perolehan dana pihak ketiga untuk meningkatkan kemampuan penyaluran pembiayaan. Pada 2008, posisi dana pihak ketiga BNI Syariah di Makassar bertengger di kisaran Rp125 miliar atau meningkat 20% dari setahun lampau.

“Tahun ini kami berharap outstanding dana mencapai Rp175 miliar. Kenaikan DPK penting untuk sedikit menurunkan FDR (financing deposit ratio) yang sekarang 140%,” papar Ali. BNI Syariah mempunyai tiga kantor di wilayah Sulsel, masing-masing dua di Kota Makassar dan satu di Kabupaten Gowa. Menurut Ali, jumlah kantor itu akan terus ditambah seiring perkembangan bisnis perseroan di provinsi itu.

Perseroan baru tahun ini naik status menjadi bank umum syariah. Sebelumnya, BNI Syariah adalah unit usaha syariah dari Bank BNI Tbk. Bank yang berdiri pada tahun 2002 tersebut mencetak laba Rp16 miliar di Sulsel pada 2008. Laba ini melesat 60% dibanding 2007.