Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Jumat, Maret 27, 2009

Dana pengadaan barang capai Rp1,8 triliun

MAKASSAR: Pengadaan barang pemerintah tahun 2009 diprediksi mencapai Rp1,8 triliun atau bertumbuh 20% dibanding posisi 2008. Ketua Asosiasi Pengadaan Barang dan Jasa Indonesia (Aspanji) Sulsel Bahar Ngitung menuturkan pertumbuhan belanja tersebut disebabkan peningkatan besaran APBD dan APBN untuk 23 kabupaten/kota di provinsi itu.

“Krisis global tidak terlalu mengganggu sektor pengadaan lokal, kita akan tetap bertumbuh dengan baik di tahun 2009. Kami berharap supplier lokal bisa bersaing dengan supplier nasional untuk merebut pengadaan pemerintah tahun ini,” ujarnya kepada Bisnis, belum lama ini.

Menurut Bahar, 2.800 anggota Aspanji Sulsel akan berusaha optimal memenangkan tender pengadaan barang pemerintah di wilayah mereka sepanjang tahun 2009. Pemasok lokal berjanji memberikan harga yang kompetitif dengan standar barang bisa diandalkan, jika dipercaya menangani proyek pemerintah daerah sepanjang tahun ini.

Menurut Bahar, anggota Aspanji selama ini sudah membuktikan kepercayaan pemerintah daerah ketika menangani proyek pengadaan barang di masa lalu dengan optimal. Bahar menambahkan, sektor pengadaan di Sulsel bisa berkembang pesat sebab memiliki modal jaringan yang luas di perusahaan manufaktur nasional dan internasional.

Mereka berbekal kepercayaan, reputasi baik, serta jaminan pembayaran di mata manajemen perusahaan, sehingga bisa memperoleh pasokan barang dari pabrik. Sebelumnya, Bahar merekomendasikan ke pemerintah untuk mempercepat turunnya ang-garan baik APBD maupun APBN.

Menurut Bahar, idealnya saat krisis seperti ini, paling lambat seluruh proyek di Sulsel sudah harus berjalan Maret 2009. Hal itu untuk mempercepat peredaran uang di masyarakat.

Dia mengatakan jika pengucuran dana pemerintah dipercepat, akan memberikan pengaruh yang besar di bidang ekonomi. Di samping akan memperkuat daya beli masyarakat, juga PHK bisa dihindari karena karyawan bakal mendapat pekerjaan. .