Home - Photo - Blogger

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Selasa, Maret 10, 2009

Terminal Ambon butuh Rp34 miliar

AMBON: Pemerintah Kota Ambon, Maluku, sedang me­­ngu­­sahakan suntikan dana APBN Rp34 miliar untuk pe­ram­pungan proyek terminal transit tipe B Passo yang awalnya diproyeksikan menelan Rp63 miliar. Kepala Badan Perencanaan Kota Ambon Syarif Tuasikal, menuturkan Pemkot telah menyurati Gubernur Maluku dan Menteri Perhubungan untuk meminta bantuan pendanaan perampungan proyek terminal transit tersebut.

“Wali Kota Ambon telah menyurati Gubernur Maluku dan Menteri Perhubungan untuk membantu pembiayaan pe­rampungan proyek terminal transit. Dana yang kita usulkan sebesar Rp34 miliar,” tutur Tuasikal di Ambon, kemarin.
Menurutnya, proyek tersebut telah menelan Rp35 miliar yang berasal dari tiga tahun APBD. Rinciannya jelas Tuasikal, Rp8 miliar pada APBD 2007, Rp12,5 miliar dari APBD 2008, dan Rp15 miliar dari APBD 2009.

Tuasikal mengatakan, kare­na terminal penghubung yang terletak 12 km dari Kota Ambon itu merupakan terminal tipe B yang menghubungkan angkutan kota kabupaten dalam provinsi (AKDP) sehingga tidak bisa dibebankan seluruh anggarannya dari APBD Kota Ambon. Angganoto Ura, pimpinan proyek, menuturkan proyek tahap III masih membutuhkan dana sebesar Rp31 miliar.

Menurut dia, pada APBD 2008 diusulkan anggaran Rp23 miliar, namun yang disetujui Rp12,5 miliar. Sisanya dikucurkan melalui APBD 2009 yakni Rp15 miliar. Angganoto mengungkapkan dana yang dibutuhkan proyek hingga rampung berkisar Rp63 miliar.